Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Tinggi Kolesterol Baik (HDL) untuk Kesehatan Tubuh

7 Makanan Tinggi Kolesterol Baik (HDL) untuk Kesehatan Tubuh

Kolesterol tinggi memang identik dengan berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh ya, Moms. Namun faktanya, tidak semua kolesterol buruk bagi tubuh, lho. Moms harus tahu kalau kolesterol ada yang jahat (LDL) dan ada pula kolesterol yang baik (HDL).

LDL adalah low-density lipoprotein, yang semakin tinggi kadarnya, maka semakin tinggi risiko Anda mengalami stroke dan serangan jantung. Ada juga HDL atau high-density lipoprotein, yang semakin tinggi kadarnya justru semakin baik bagi tubuh. HDL membantu mengangkut kolesterol jahat menjauh dari pembuluh darah dan kembali ke hati (tempat kolesterol jahat dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh).

Yuk, perbanyak HDL si kolesterol baik di dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi beberapa makanan sumber HDL berikut ini, Moms!



Jambu

Menurut Web MD, selain jambu biji, contoh buah yang kaya serat adalah apel, mangga, dan raspberi. Semua buah yang tinggi kandungan seratnya itu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh Anda. Diolah menjadi smoothies juga enak lho, Moms.

Salmon

Sebenarnya bukan hanya salmon, semua jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat baik untuk meningkatkan HDL. Contoh ikan yang tinggi kandungan omega-3 adalah makerel, tuna, dan sarden.

Namun jika Moms alergi ikan, tidak suka ikan, atau konsumsi ikan tetap tidak mencukupi kebutuhan omega-3 Anda, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar diberikan suplemen omega-3 yang sesuai.

Flax Seed

Bukan sekadar tren, makanan sehat yang satu ini juga tinggi kandungan omega-3 yang efektif meningkatkan HDL dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi flax seed utuh, namun lebih disarankan memilih bubuk flax seed yang lebih mudah dicerna tubuh. Ini bisa dicampurkan ke berbagai olahan makanan tanpa mengubah rasa lho, Moms.



Kacang-kacangan

Apa pun jenis kacang yang Anda sukai, seperti almond, pistachio, kacang mete, semuanya baik untuk meningkatkan HDL dalam tubuh. Tapi ingat, mengonsumsi kacang juga tidak perlu berlebih, karena kacang-kacangan juga tinggi kalori.

Alpukat

Salah satu buah favorit semua orang ini tak hanya enak, tetapi juga kaya akan kandungan asam folat dan lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak baik ini tentu saja tepat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Buah ini juga tinggi kandungan serat.

Whole Grain

Contoh produk whole grain atau serealia utuh adalah gandum, oat, quinoa, beras, barley, dan jagung. Semua ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik karena whole grain kaya akan serat larut. Segala jenis makanan yang tinggi akan serat pangan larut dikenal ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat.

Produk Kedelai

Baik susu kacang kedelai, tahu, tempe, dan semua makanan yang berbahan dasar kedelai bisa menggantikan daging merah. Jika Anda membatasi konsumsi daging merah, maka kadar LDL Anda pun berkurang, dan kadar HDL meningkat. Agar tubuh sehat, mari lebih cermat memilih makanan yang baik bagi tubuh ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kolesterol,   hdl,   kolesterol baik,   makanan,   nutrisi,   kesehatan