Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Flax Seed bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Flax Seed bagi Kesehatan Tubuh

Agar tak mudah sakit, mengonsumsi berbagai makanan bergizi seimbang sangat membantu, lho. Salah satu makanan yang baik untuk tubuh dan saat ini sedang menjadi tren dan banyak dikonsumsi adalah flax seed. Ya, bentuknya memang mirip dengan chia seed dan selasih, namun tentu saja itu semua jenis yang berbeda ya, Moms.

Flax seed dikenal sebagai superfood karena nutrisi dan manfaatnya banyak bagi kesehatan tubuh. Yuk, ketahui apa saja sih manfaat flax seed.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian di Kanada menyebutkan mengonsumsi 30 gram flax seed per hari selama 6 bulan bisa menurunkan tekanan darah sistolik 10 mmHG dan tekanan darah diastolik 7 mmHG. Cara enak dan menyenangkan untuk mengurangi masalah tekanan darah tinggi ya, Moms.



Mengontrol Gula Darah

Mengutip Heathline, ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi 10-20 gram bubuk flax seed per hari selama setidaknya 1 bulan, dapat mengurangi gula darah sebanyak 8-20 persen lho, Moms. Bagi Moms yang tidak bermasalah dengan kadar gula darah, mengonsumsi flax seed akan bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Meningkatkan Kolesterol Baik

Tak hanya mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh Anda, flax seed juga membantu meningkatkan kolesterol baik lho, Moms. Menurut Healthline, ada penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi 3 sendok makan (30 gram) flax seed per hari selama 3 bulan dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL hingga 20 persen.

Penelitian tersebut juga menyebutkan kalau mengonsumsi 1 sendok makan (10 gram) flax seed per hari selama 1 bulan bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik hingga 12 persen. Awesome!

Menjaga Saluran Cerna

Flax seed mengandung dua jenis serat pangan, yaitu serat pangan larut 20-40 persen dan yang tidak larut 60-80 persen. Kedua serat ini berperan penting di usus besar untuk melancarkan pencernaan dan BAB lebih lancar. 



Serat pangan larut membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol jahat, sedangkan serat pangan tak larut membantu BAB lebih lancar dan kotoran keluar lebih mudah. Ini sangat penting untuk mencegah konstipasi, terutama pada ibu hamil yang sering bermasalah dengan buang air besar (BAB).

Mengurangi Risiko Kanker

Lignan adalah komponen dalam flax seed yang mengandung antioksidan dan estrogen yang bisa mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan. Fakta menariknya adalah, flax seed memiliki 800 lignan lebih banyak dibanding semua makanan dari tanaman.

Tak heran ada penelitian yang mengungkap fakta wanita yang mengonsumsi flax seed memiliki risiko mengalami kanker payudara 18 persen lebih rendah.

Menjaga Berat Badan

Jika Anda mencari camilan yang sehat dan tidak menaikkan berat badan, maka flax seed bisa menjadi solusinya. Sebuah studi menguak fakta bahwa menambahkan 2,5 gram ekstrak serat flax seed ke makanan Anda bisa mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Tentu saja, karena flax seed dicerna perlahan di perut Anda, yang memicu hormon yang mengontrol nafsu makan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Maka kapan pun Anda ingin ngemil, coba buat smoothies buah dan sayur dengan tambahan flax seed saja, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   gizi,   flax seed