Mother&Baby Indonesia
Tak Hanya untuk Kesuburan, Ini Manfaat Tauge buat Kesehatan

Tak Hanya untuk Kesuburan, Ini Manfaat Tauge buat Kesehatan

Moms, Anda tentunya sudah tak asing lagi dengan tauge atau kecambah. Sering dipandang sebelah mata, jenis sayuran berwarna putih dan berukuran kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tauge telah lama dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya E-alfa, dapat membantu kesuburan pria.

Namun, manfaat tauge ternyata bukan hanya itu, Moms. Sayuran ini memiliki nutrisi yang cukup baik. Dalam 100 gram taoge, terdapat kandungan 3,59 g protein, 4,69 g karbohidrat, 2,2 g serat, 6 mg sodium, 108 mg kalium, 29 kalori, dan sejumlah vitamin dan mineral. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan buat kesehatan apabila Anda mengonsumsi tauge secara rutin.

1. Melancarkan Pencernaan

Tauge mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan. Selain itu, serat-serat yang ditemukan dalam kecambah juga memberikan manfaat dalam proses pencernaan.



Serat tersebut akan mengangkat kotoran sehingga lebih mudah untuk melalui sistem pencernaan. Selanjutnya, serat makanan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara lebih efektif dan efisien. Karena tinggi serat, tauge menjadi jenis sayuran yang bagus untuk mengatasi sembelit.

2. Meningkatkan Metabolisme

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tauge kaya akan enzim yang biasanya tak tersedia melalui makanan. Enzim tersebut memiliki efek signifikan terhadap metabolisme tubuh. Selain itu, tauge juga mengandung banyak protein yang merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan seluruh fungsi kimia dalam tubuh.

Protein diperlukan dalam hampir semua proses kerja tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sejumlah aspek lain yang sangat penting untuk kesehatan.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi kala tubuh kekurangan zat sehingga jumlah sel darah merah menurun. Efek dari anemia, Anda akan lebih cepat merasa lelah, kurang konsentrasi, hingga mual, pusing, serta mengalami gangguan pada perut. Dengan mempertahankan jumlah sel darah merah yang tepat, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerjanya.

4. Menurunkan Berat Badan

Tauge adalah salah satu makanan yang mengandung nutrisi tinggi tapi rendah kalori. Ini berarti, Anda dapat mengonsumsi tauge tanpa khawatir akan mengganggu proses diet Anda. Selain itu, serat dalam tauge akan membantu Anda merasa kenyang karena taoge menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran Anda untuk makan.

Hal ini tentu saja dapat mengurangi keinginan makan berlebihan atau mengudap yang kerap menjadi masalah utama bagi seseorang yang menderita obesitas.



5. Menjaga Kesehatan Jantung

Tauge adalah sumber asam lemak omega-3 yang notabene bisa dikategorikan sebagai kolesterol baik. Asam lemak omega-3 akan mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri, plus berfungsi sebagai antiinflamasi alami sehingga dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular Anda.

Sementara itu, kandungan kalium pada tauge juga membantu mengurangi tekanan darah. Perlu diketahui, kalium adalah agen pelebar pembuluh darah (vasodilator) dan dapat melepaskan ketegangan di arteri pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi, sekaligus mengurangi pembekuan dan menurunkan risiko penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, serta stroke.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dapat membuat tauge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan kandungan vitamin A dalam taoge memiliki sejumlah sifat antioksidan yang merupakan sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.

7. Menyehatkan Rambut

Tauge mengandung cukup banyak vitamin C yang dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut, sekaligus menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, tipis, dan rapuh. Selenium dalam tauge dapat membantu membunuh jamur yang membuat kulit kepala menjadi kering, menghilangkan ketombe serta kotoran, dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Last but not least, asam omega-3 pada tauge punya peranan penting dalam menutrisi folikel rambut sehingga mencegah rambut terlihat kusam dan kurang sehat.

8. Mencegah Kanker

Aktivitas antioksidan dari senyawa organik yang ditemukan dalam taoge membuat agen antikanker yang sangat baik untuk Anda. Vitamin A, C, serta asam amino dan protein juga bisa mengurangi tingkat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah produk hasil metabolisme sel yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan sel-sel bermutasi menjadi sel kanker. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: tauge,   nutrisi,   kesehatan