Mother&Baby Indonesia
Konsumsi Biji Labu Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Biji Labu Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya daging buahnya, ternyata biji labu juga kaya akan nutrisi lho, Moms. Penelitian menunjukkan bahwa biji labu memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, bahkan mengurangi risiko penyakit kanker tertentu.

Selain itu, biji labu juga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan berlebih. Nah, bagi Moms yang ingin menurunkan berat badan, tentu biji labu ini bisa Anda masukkan ke daftar menu makanan Anda. Yuk, cari tahu bagaimana biji labu dapat membantu proses penurunan berat badan dan cara menikmati biji labu sebagai menu diet Anda berikut ini, Moms.

Nutrisi Biji Labu yang Mendukung Penurunan Berat Badan

Biji labu kaya akan nutrisi yang dapat mendukung penurunan berat badan, seperti serat, protein, dan asam lemak tak jenuh. Sebuah studi yang dilakukan selama 6 bulan pada 345 orang dewasa tentang diet rendah kalori meneliti efek dari komposisi makanan pada penurunan berat badan. Penelitian ini ditemukan bahwa asupan serat mendorong kepatuhan seseorang saat menjalani diet dan penurunan berat badan, terlepas dari kalori atau nutrisi lainnya.



Kandungan serat dalam biji labu

Serat diketahui dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang, mencegah makan berlebihan di antara waktu makan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau mencegah penurunan berat badan. Untuk orang dewasa, kebutuhan serat minimum untuk mendukung kesehatan dan pemeliharaan berat badan keseluruhan adalah 19-38 gram per hari. Dalam 72 gram biji labu tanpa cangkang terkandung 5 gram serat, sementara 23 gram biji labu dengan cangkang mengandung 1,5 gram serat.

Kandungan protein dalam biji labu

Selain serat, protein yang terkandung dalam biji labu juga dapat mendukung penurunan berat badan, membantu meningkatkan nafsu makan, mencegah makan berlebihan, dan meningkatkan perasaan kenyang. Dalam 72 gram biji labu tanpa cangkang terkandung 21 gram protein, sementara 23 gram biji labu dengan cangkang mengandung 7 gram protein.

Yang Perlu Diperhatikan saat Mengonsumsi Biji Labu

Meski kaya akan serat dan dapat membantu penurunan berat badan, biji labu juga mengandung kalori dan lemak seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya. Sebanyak 72 gram biji labu tanpa cangkang mengandung sekitar 415 kalori dan 35 gram lemak. Sedangkan 23 gram biji labu dengan cangkang, mengandung sekitar 130 kalori dan 11 gram lemak.

Nah, jika melihat kandungan kalori dan lemak yang ada pada biji labu, maka Anda harus memastikan jumlah biji labu yang Anda konsumsi sesuai dengan target kalori yang harus Anda peroleh saat menurunkan berat badan.

Untuk meminimalkan tambahan kalori dan sodium, Anda bisa memilih biji labu mentah tanpa garam, dengan atau tanpa cangkang, untuk melengkapi kebutuhan makanan saat proses penurunan berat badan yang sehat.

Cara Menikmati Biji Labu

Biji labu bisa dimakan langsung dan dinikmati dengan atau tanpa cangkangnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi biji labu dengan cara:



• Ditaburkan ke salad atau wafel

• Dipanggang menjadi muffin

• Dijadikan taburan di atas roti

• Dicampur dengan yoghurt dan oatmeal

• Dijadikan campuran smoothie

• Dijadikan campuran pada mi hangat atau hidangan yang ditumis.

Perlu Moms ketahui bahwa biji labu mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral lainnya. Maka bila Anda mengonsumsinya secara teratur, sebaiknya Anda merendam dan memanggangnya untuk mengurangi kandungan asam fitatnya.

Bagaimana Moms, tertarik untuk mengonsumsi biji labu untuk membantu menurunkan berat badan Anda? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: labu,   biji labu,   nutrisi,   berat badan