Mother&Baby Indonesia
Ini Buah-buahan Langka Asli Indonesia yang Kaya Gizi!

Ini Buah-buahan Langka Asli Indonesia yang Kaya Gizi!

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bahkan Indonesia memiliki aneka ragam buah-buahan asli yang sangat jarang ditemukan di luar negeri. Tak hanya itu, buah-buahan ini tentu memiliki cita rasa yang khas dan kandungan gizi yang baik pula lho, Moms. Kali ini M&B sudah merangkum beberapa buah asli Indonesia yang kaya gizi. Simak daftarnya berikut, Moms!

Cempedak


Kulit luarnya kasar, menonjol, dan tebal, sehingga seringkali dikira sebagai nangka. Padahal cempedak dan nangka adalah buah yang berbeda lho, Moms. Buah yang bernama latin Artocarpus integer ini sering dibuat sebagai keripik maupun campuran kolak.



Tak hanya rasanya yang lezat, buah cempedak juga kaya gizi. Buah ini dipenuhi dengan vitamin A, vitamin C, dan bioflavonoid. Maka dari itu, buah ini mampu membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, Moms. Cara konsumsinya bisa bermacam-macam, mulai dari dijadikan bahan kolak ataupun digoreng dengan tepung.

Kemang


Bernama Latin Mangifera kemanga, buah kemang adalah kerabat dekat dari binjai (Mangifera caesia) dan mangga (Mangifera indica). Hal ini bisa diamati dari bentuk pohon, bentuk daun, hingga rupa buah kemang yang sangat mirip dengan mangga. Konon katanya, tanaman ini banyak tumbuh di Kemang, Jakarta Selatan. Tapi kini sulit sekali mencari buah ini.

Rasanya sangat asam dengan sedikit manis, sehingga segar dan cocok bila dijadikan tambahan rujak. Melansir Kompas, daging buah kemang kaya nutrisi lho, Moms, khususnya vitamin C dan B1. Buah kemang sering diolah menjadi jus, sirup, asinan, hingga campuran rujak.

Kecapi


Buah kecapi juga sering dikenal sebagai buah santol, dan memiliki nama Latin Sandoricum koetjape. Sering dipanggil sebagai manggis liar, isi buah kecapi sekilas mirip dengan buah manggis. Tapi yang berbeda, warna kulit buah kecapi kekuningan seperti duku.

Buah ini kaya akan gizi, karena banyak kandungan vitamin B dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan lain seperti flavonoid, saponin, dan polifenol. Maka, buah kecapi dipercaya mampu mencegah peradangan serta membantu mengatasi infeksi.

Kedondong


Spondias dulcis, itulah nama ilmiah dari buah kedondong. Bentuknya lonjong, berwarna hijau, dan kulitnya keras. Daging buahnya berwarna keemasan dan berair. Bila digambarkan, rasa dagingnya merupakan kombinasi dari buah nanas dan mangga.



Buah ini kaya akan vitamin, khususnya vitamin A dan C, sehingga baik untuk kesehatan kulit dan imun tubuh. Selain itu, buah kedondong juga dapat mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang melimpah.

Menteng


Rasanya asam dan kulitnya tebal, kedua hal ini membuat buah menteng mudah tergantikan oleh buah-buahan yang lainnya yang rasanya lebih manis dan mudah dimakan. Bila kulitnya dibuka, daging buah menteng berwarna putih dan ungu. Buah ini juga sering disebut juga sebagai buah kemundung.

Kandungan gizi buah ini tak main-main lho, Moms. Buah menteng mengandung kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, fosfor, dan banyak lainnya. Maka dari itu, buah menteng dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan indra penglihatan, kulit, mencegah peradangan, serta membantu tulang agar tetap kuat.

Gandaria


Nama Latinnya Bouea macrophylla, dan buah asli Indonesia ini sudah ditetapkan sebagai flora identitas dari Jawa Barat. Rupa buahnya cantik. Bila sudah matang akan berwarna kuning keemasan dengan rasa yang manis-manis-asam.

Tidak hanya itu, buah gandaria juga mengandung gizi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Buah ini kaya akan serat, vitamin C, protein, betakaroten, kalsium, dan fosfor. Buah gandaria mampu membantu menjaga daya tahan tubuh, kelancaran peredaran darah, menjaga fungsi otak, hingga menjaga kesehatan kulit, Moms.

Matoa


Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ini merupakan buah yang berasal dari Papua. Tekstur dagingnya kenyal dan berwarna bening, mirip seperti buah rambutan atau kelengkeng. Rasanya pun juga mirip.

Walau sulit ditemui, buah ini kaya akan gizi lho, Moms. Menurut sebuah studi, buah matoa mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini membuat buah matoa dapat membantu Anda menangkal radikal bebas. Buah ini juga mengandung vitamin C dan vitamin E, sehingga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh dan kecantikan kulit. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik, Liputan 6, Samudra Bibit, SehatQ, Pertanianku, IDN Times)



Tags: nutrisi,   buah,   buah asli indonesia