Mother&Baby Indonesia
Selain Kopi, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Anti Ngantuk!

Selain Kopi, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Anti Ngantuk!

Rasa kantuk memang wajar terjadi saat malam hari sebagai tanda bagi Anda untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Tapi bila di siang atau sore hari Anda sudah mengantuk, tentu menyebalkan ya, Moms. Mengantuk di momen yang tidak seharusnya malah membuat hari menjadi tidak produktif.

Bila Moms sering mengalami hal tersebut, mungkin Moms perlu memperhatikan kembali makanan dan minuman yang dikonsumsi beberapa jam sebelumnya. Ya Moms, apa yang Anda konsumsi dapat menyebabkan kantuk. Tapi, adakah makanan atau minuman yang bisa mencegah kantuk?

Merangkum dari beberapa sumber, terdapat beberapa makanan atau minuman yang bisa mencegah kantuk untuk mengoptimalkan produktivitas. Simak daftarnya berikut, Moms!



Cokelat Hitam


Cokelat, khususnya cokelat hitam, adalah salah satu makanan anti ngantuk yang bagus. Semakin pekat dan hitam cokelat, maka semakin banyak pula kandungan kafeinnya. Mengonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda, menurunkan hormon stres dalam tubuh, serta meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan.

Hal ini karena cokelat hitam kaya akan polifenol yang berguna menurunkan stres dan kafein sebagai stimulan tubuh agar terus aktif. Melansir Health, satu atau dua potong cokelat hitam mengandung seperempat kafein dari secangkir kopi.

Teh Hijau


Melansir Sleep, memilih teh hijau daripada kopi adalah pilihan tepat bila Anda ingin terhindar dari kantuk. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung lebih sedikit kafein, sehingga Anda tidak terlalu lelah setelah efek kafein habis. Selain itu, teh hijau juga kaya akan zat antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah inflamasi berlebihan dalam tubuh saat Anda sedang aktif-aktifnya.

Pisang


Mengonsumsi buah-buahan dapat membantu Anda terus segar, karena buah-buahan mengandung gula sehat sebagai sumber energi bagi tubuh dan berbagai vitamin yang membantu tubuh tetap segar, terutama buah pisang. Menurut sebuah studi yang dimuat di jurnal PLOS ONE di tahun 2012, pisang mampu mendorong energi dan kemampuan Anda lebih baik dibandingkan dengan minuman berenergi (energy drinks).



Daging


Mengonsumsi makanan yang terlalu berat, atau yang kaya akan serat, lemak, dan protein, dapat membuat tubuh aktif lebih lama. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan upaya dan waktu lebih banyak untuk mencernanya. Daging adalah salah satu contoh makanan ‘berat’ yang tepat. Daging sapi adalah pilihan daging yang tepat untuk menunda rasa kantuk Anda.

Keju


Keju, khususnya keju Swiss, cheddar, blue cheese, dan parmesan, adalah makanan yang kaya akan lemak sehingga dapat lebih sulit untuk dicerna tubuh. Selain itu, keju termasuk makanan fermentasi sehingga mengandung sebuah zat bernama tyramine. Tyramine merupakan asam amino yang dikenal mampu menstimulasi otak untuk terus beraktivitas, sehingga dapat mencegah rasa kantuk Anda.

Salmon


Salmon adalah salah satu ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Omega-3 adalah zat yang dapat dicerna dan diubah tubuh menjadi energi dan membangun otot. Selain itu, salmon juga kaya akan protein sehingga dapat membantu mencegah kantuk.

Edamame


Bila Anda memerlukan dukungan energi super besar untuk menuntaskan segala tugas-tugas, maka Anda bisa konsumsi edamame sebagai kudapan. Menurut Organic Authority, edamame adalah makanan yang kaya akan serat, folat, dan protein sehingga mampu mendukung terus tubuh untuk berenergi. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020