Mother&Baby Indonesia
Ini Kebiasaan Makan Sehat Orang Korea yang Bisa Anda Tiru

Ini Kebiasaan Makan Sehat Orang Korea yang Bisa Anda Tiru

Tak hanya soal perawatan wajah saja yang membuat banyak orang penasaran, namun kebiasaan makan orang Korea juga menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Apalagi bila melihat para artisnya yang memiliki tubuh indah dan langsing, yang tentunya menjadi impian semua orang, termasuk Anda kan, Moms?

Selain berolahraga, tentu kebiasaan makan orang Korea juga memberikan pengaruh baik pada bentuk tubuhnya. Terlebih bila melihat makanan yang mereka konsumsi, karena ternyata negeri ginseng ini masuk pada daftar negara yang memiliki makanan sehat.



Nah, apa saja ya Moms kebiasaan makan sehat yang bisa kita tiru dari orang Korea?

1. Suka Makan Makanan Fermentasi

Setiap negara memiliki makanan khas, begitu juga dengan orang Korea yang terkenal dengan makanan tradisionalnya, yaitu Kimchi. Kimchi merupakan sayuran yang difermentasi dengan diberi bumbu pedas. Biasanya Kimchi dijadikan makanan pendamping atau dijadikan tambahan untuk memasak sup maupun nasi goreng.

Kimchi bisa menjadi makanan probiotik karena proses fermentasinya bisa menghasilkan bakteri asam laktat bernama Lactobacillus kimchii. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada kimchi dapat membantu mengurangi radikal bebas dan merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit Anda kenyal dan elastis sehingga memperlambat proses penuaan pada kulit.



2. Terbiasa Makan Sayur-sayuran

Bila Moms sering menonton drama Korea, tentu adegan membungkus daging dengan sayuran hijau ketika makan bukan pemandangan yang asing, ya. Orang Korea memang terbiasa makan sayur-sayuran, Moms. Jadi meski akan menikmati daging sebagai makanan utamanya, mereka tak lupa menyajikan sayuran sebagai pelengkap. Makan sayur-sayuran tentunya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya baik untuk pencernaan, membuat kulit Anda jadi sehat, serta bisa meredakan stres.

3. Suka Makan Makanan Pedas

Tteokbokki, Buldak, dan Dakbal merupakan beberapa makanan Korea yang terkenal memiliki rasa pedas. Warna merah yang terlihat pada makanan-makanan tersebut tampaknya justru membuat selera makan orang Korea makin meningkat. Meski berisiko menyebabkan sakit perut, makan makanan pedas ternyata juga memiliki segudang manfaat lho, Moms.

Dengan makan makanan pedas, kekebalan tubuh Anda akan meningkat karena kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi pada cabai. Kandungan senyawa pada cabai bisa menurunkan berat badan karena kandungan senyawanya, yaitu capsaicin, dapat membuat kalori Anda mudah terbakar sehingga bisa menurunkan berat badan Anda. tak hanya itu, capsaicin pada cabai juga terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

4. Makan Pakai Sumpit

Selain Jepang dan Cina, orang Korea juga memiliki kebiasaan makan menggunakan sumpit. Kebiasaan ini pun ternyata memiliki berbagai manfaat yang mungkin tak banyak diketahui sebelumnya. Makan menggunakan sumpit membantu kita untuk mengendalikan berat badan.

Hal ini biasanya dikarenakan seseorang cenderung merasa kesulitan ketika makan dengan sumpit dan harus berkonsentrasi untuk makan, sehingga perlu mengendalikan porsi makan dengan lebih baik. Selain itu, makan menggunakan sumpit juga bermanfaat untuk mencegah perut kembung, dan dapat meningkatkan koordinasi otak dengan tubuh kita.

5. Jarang Makan Gorengan

Meski tak dipungkiri bahwa terdapat beberapa jajanan pasar yang diolah dengan cara digoreng, namun orang Korea juga diketahui sering mengolah makanannya dengan cara direbus, dikukus, dibakar, dan ditumis, sehingga mengurangi penggunaan minyak. Maka tak heran bila Anda melihat mereka mengonsumsi ubi rebus sebagai camilannya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   orang korea,   kebiasaan makan