Mother&Baby Indonesia
Selain Mengatasi Kecemasan, Ketahui Manfaat Meditasi Lainnya

Selain Mengatasi Kecemasan, Ketahui Manfaat Meditasi Lainnya

Sejak dunia dan Indonesia dilanda pandemi COVID-19, tak dipungkiri bahwa terjadi perubahan di berbagai aspek dalam kehidupan kita. Misalnya saja soal karier atau pekerjaan. Bagi Moms yang memang seorang pekerja, tentu Anda harus membiasakan diri untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Sebagai ibu, istri dan juga pekerja atau wanita karier, tentu tidak mudah bagi Moms untuk bekerja di rumah. Meski berusaha untuk tetap produktif dan fokus pada pekerjaan, pasti ada saja hal yang bisa mendistraksi ketika Anda bekerja. Belum lagi bila pekerjaan kantor saat masa pandemi ini malah bertambah sehingga memberi tekanan yang luar biasa bagi diri Anda.

Selain masalah pekerjaan, yang utama tentu situasi pandemi membuat Anda khawatir akan tertular virus COVID-19. Kekhawatiran lainnya mungkin timbul karena Anda memikirkan masalah finansial, masa depan, hingga kondisi setelah pandemi. Karena banyaknya hal yang Anda pikirkan, maka banyak dari Anda yang merasa panik, bingung, cemas, stres, dan frustrasi di masa pandemi ini.



Namun berhati-hatilah, kecemasan, stres, hingga rasa panik berlebih yang Anda rasakan bisa menjadi faktor penunjang rusaknya kestabilan emosional Anda. Maka di masa tak menentu saat ini, wajar rasanya bila Anda membutuhkan momen atau kegiatan positif sebagai bentuk relaksasi dari pikiran dan juga hati.

Mengerti akan hal ini, UOB Cards Indonesia dan MRA Academy mengadakan kelas meditasi secara virtual bertajuk Mindfulness Meditation for Anxiety yang dipandu oleh Helena Abidin, Corporate Director PT. Golden Space Indonesia, pada Sabtu, 4 Juli 2020 lalu.


Berbagai Manfaat Meditasi

Menurut Helena, meditasi sangat baik dilakukan untuk mengurangi stres. Karena berdasarkan sebuah penelitian, setelah seseorang melakukan meditasi selama 8 minggu, ada komponen otak yang mengecil, yaitu amigdala. Amigdala ini diketahui dapat memproduksi kortisol dan adrenalin, sehingga menimbulkan stres. Nah, ketika komponen otak ini mengecil, produksi kortisol pun menurun, dan membuat kita bisa lebih tenang.


Selain itu, dengan melakukan meditasi, rasa cemas pun dapat teratasi secara efektif, “Dari meditasi saya belajar, if we are slowing down, baik pikiran dan pernapasan, actually produktivitas kita meningkat dan efektif membantu mengatasi semua kecemasan,” ujar Helena.



Tidak hanya itu, meditasi juga memiliki manfaat lain seperti:

• Meningkatkan kesejahteraan hidup dan kebahagiaan

• Mendapatkan kejelasan, fokus, ketenangan, dan kepositifan dalam menghadapi tantangan pekerjaan dan kehidupan

• Meningkatkan imunitas tubuh

• Meningkatkan produktivitas dan komunikasi

• Membangun ketahanan, empati, dan kasih sayang

Pada sesi meditasinya, Helena melatih kita untuk be present dan be at the moment, di mana kita sadar akan pikiran dan emosi kita tanpa menghakimi. Ia juga menyarankan untuk melakukan meditasi saat pagi atau malam hari di ruang favorit Anda di rumah atau spot of happiness. (Vonda Nabilla/ND/SWDok. Freepik)



Tags: meditasi,   manfaat meditasi,   kelas meditasi