Mother&Baby Indonesia
10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mengganggu Kesehatan

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mengganggu Kesehatan

Saat ini, semakin banyak orang yang sudah sadar soal pentingnya hidup sehat dan mulai mengubah gaya hidup, seperti dengan rutin berolahraga dan makan makanan sehat. Meskipun begitu, tanpa kita sadari, ternyata ada banyak kebiasaan kita sehari-hari yang bisa mengganggu dan merusak kesehatan kita, lho!

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mungkin selama ini kita anggap sepele dan tidak memberikan dampak apa pun, tapi sebenarnya kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, bahkan bisa menimbulkan penyakit serius.

Apa saja sih, kegiatan sehari-hari yang bisa membahayakan tubuh dan perlu dihindari? Berikut daftarnya, Moms.



1. Begadang

Kebiasaan begadang di malam hari bisa berpotensi besar mengganggu kesehatan Anda, bahkan jika Anda melakukannya untuk suatu alasan penting, misalnya pekerjaan. Sering begadang bisa mengganggu ritme sirkadian Anda, memengaruhi siklus tidur, kebiasaan makan, suhu tubuh, dan fungsi tubuh penting lainnya. Kebiasaan begadang juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.

2. Telat Makan

Jika Anda pikir telat makan bisa menurunkan berat badan, Anda salah! Menunda waktu makan justru malah bisa meningkatkan nafsu makan. Bisa jadi porsi makan Anda akan lebih banyak dari biasanya ketika Anda makan karena Anda sudah terlalu lapar. Menunda makan juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan meningkatkan risiko penyakit diabetes. Selain itu, telat makan bisa melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh terasa lemas dan membuat Anda sulit fokus saat beraktivitas.

3. Duduk Terlalu Lama

Buat Anda pekerja kantoran, duduk selama berjam-jam menghadap layar komputer mungkin merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, hal ini ternyata berdampak buruk pada kesehatan Anda. Duduk secara terus-menerus dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit diabetes dan jantung. Untuk menghindarinya, cobalah bangkit dari tempat duduk Anda untuk berjalan atau melakukan stretching tiap beberapa menit sekali.

4. Kecanduan Media Sosial

Saat ini, media sosial telah sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun ternyata, selalu terhubung dengan media sosial bisa membuat Anda beresiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan psikologis. Sering mengecek ponsel akan memengaruhi aktivitas fisik dan kesehatan mental Anda, seperti membuat anda menjadi antisosial.

5. Kurang atau Kebanyakan Tidur

Kurang tidur memang tampak seperti hal sepele, namun percayalah, kebiasaan istirahat yang kurang bisa berakibat pada risiko tekanan darah tinggi, peradangan dalam tubuh, penyakit jantung, depresi, diabetes obesitas hingga kurang optimalnya kinerja otak. Begitupun jika terlalu banyak tidur, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Karena itu, atur waktu istirahat Anda dengan baik.



6. Makan Larut Malam

Makan di waktu larut malam hanya akan menambah berat badan Anda. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity pada 2011, asupan kalori yang dikonsumsi tubuh di atas pukul 8 malam meningkatkan risiko mengalami obesitas. Karena itu, usahakan untuk makan di bawah jam 8 malam.

7. Menatap Layar Seharian

Layar komputer maupun ponsel menghasilkan cahaya energi tinggi gelombang pendek yang bisa merusak mata Anda. Terlalu lama menatap layar elektronik akan membuat mata menjadi lelah, mata kering dan merah, penglihatan kabur, dan sakit kepala. Selain itu, cahaya biru yang dihasilkan dari layar elektronik merupakan faktor utama yang meningkatkan risiko degenerasi makula. Untuk menghindarinya, beri jeda bagi mata selama 2-3 menit setiap 20 menit menatap layar elektronik.

8. Makan dengan Cepat

Makan dalam waktu cepat dapat memengaruhi sistem pencernaan Anda. Jika Anda hanya menelan makanan tanpa mengunyahnya dengan benar, hal ini hanya akan menyebabkan munculnya asam dan gas berlebih di perut. Karena itu, jangan tergesa-gesa dan nikmatilah makanan Anda.

9. Membawa Tas Ekstra Berat

Membawa tas dengan beban berat dan berlebihan setiap hari bisa memberikan dampak buruk jangka panjang, seperti sakit punggung, sakit leher, kerusakan pada tulang belakang, hingga memperburuk postur tubuh Anda.

10. Tidak Mencuci Seprai dan Sarung Bantal

Seprai dan sarung bantal yang Anda gunakan sehari-hari ternyata mengandung banyak kuman dan bakteri dari sel kulit mati, keringat, minyak serta kotoran pada tubuh Anda yang menempel di kain. Karena itu, cucilah seprai, sarung bantal, dan juga selimut Anda secara teratur, setidaknya 1-2 minggu sekali. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kebiasaan sehari-hari