Mother&Baby Indonesia
Tidur Tanpa Mendengkur dengan 6 Cara Aman Ini

Tidur Tanpa Mendengkur dengan 6 Cara Aman Ini

Salah satu masalah tidur yang cukup mengganggu adalah mendengkur. Ini tidak hanya mengganggu penderitanya saja, tetapi juga orang yang tidur di dekatnya. Menurut National Sleep Foundation (NSF), mendengkur atau yang juga sering disebut ngorok dialami sekitar 90 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Pria dewasa yang mengalami obesitas adalah golongan yang lebih sering mendengkur, walaupun ini tetap bisa terjadi pada wanita, remaja, atau anak sekalipun. 

Umumnya masalah mendengkur ini terjadi lebih serius seiring bertambahnya usia. Bahkan mendengkur bisa terjadi tak hanya saat tidur malam, namun kapan saja Anda mulai lelah dan mengantuk.

Menurut NSF, masalah kesehatan yang sering berkaitan dengan mendengkur adalah penyakit jantung dan obstructive sleep apnea. Wah, sangat berbahaya ya, Moms. Untuk itu mendengkur perlu ditangani sebaik mungkin, salah satunya dengan menerapkan tips di bawah ini, Moms.



Ubah Posisi Tidur

Tidur dalam posisi telentang membuat pangkal lidah Anda menutup dinding tenggorokan yang melembut setiap kali Anda tidur. Ini yang menghasilkan bunyi bergetar saat mendengkur. Solusinya, tidurlah dalam posisi miring dan sematkan guling agar lebih nyaman.

Kurangi Berat Badan

Walau orang kurus pun bisa mendengkur, namun mayoritas pendengkur mengalami obesitas. Jika Anda bermasalah dengan obesitas dan mendengkur, maka mengurangi berat badan bisa menjadi solusi untuk menghentikan dengkuran.

Hindari Alkohol

Minuman beralkohol mengurangi pelunakan otot tenggorokan saat Anda tidur, dan ini membuat Anda menjadi lebih rentan mendengkur. “Mengonsumsi minuman beralkohol 4 atau 5 jam sebelum tidur membuat Anda mendengkur lebih parah. Bahkan orang yang biasanya tidak mendengkur bisa mendengkur jika minum alkohol,” ujar Sudhansu Chokroverty, MD, FRCP, FACP, Program Director Clinical Neurophysiology and Sleep Medicine di JFK Medical Center, pada Web MD.



Perbaiki Pola Tidur

Terlalu banyak bekerja dan tidak memenuhi kebutuhan tidur harian membuat seseorang rentan mendengkur. Maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, dan akan lebih baik kalau Anda bisa tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Bersihkan Area Tidur

Alergen yang menempel di bantal dan di area tidur Anda bisa meningkatkan risiko mendengkur lho, Moms. Coba pastikan area tidur Anda bersih dan bebas dari alergen, seperti debu, tungau, dan bulu binatang. Jika Anda merasa baik-baik saja di siang hari dan tidur terganggu karena mendengkur di malam hari, maka kemungkinan besar alergen di kasur Anda yang memicu Anda mendengkur.

Penuhi Kebutuhan Air

“Sekresi di hidung dan tenggorokan yang melunak akan semakin lengket jika Anda tidak cukup minum,” ujar Daniel P. Slaughter, MD, seorang snoring expert di Capital Otolaryngology, pada Web MD.

Maka secara garis besar, cara termudah untuk meredakan dengkuran saat tidur adalah cukup minum, cukup tidur, tidur miring, dan hindari minuman beralkohol. Tidak terlalu sulit untuk diterapkan kan, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mendengkur,   kesehatan,   tidur