Mother&Baby Indonesia
Mengenakan Bra saat Tidur, Benarkah Berbahaya?

Mengenakan Bra saat Tidur, Benarkah Berbahaya?

Bagi wanita, bra bukan merupakan bagian dari fashion saja. Selain untuk menutupi dan melindungi payudara, bra juga berguna untuk menopang payudara yang terdiri dari kelenjar dan lemak sehingga bentuknya lebih terjaga.

Namun benarkah bra sebaiknya hanya digunakan pada siang hari atau saat Anda beraktivitas? Ada pendapat yang mengatakan bahwa sebaiknya wanita tidak mengenakan bra ketika tidur. 

Penyebab Kanker?

Disinyalir, penggunaan bra ketika tidur bisa menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Selain itu, sirkulasi pada kelenjar getah bening juga akan terhambat dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal inilah yang kerap dianggap bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.



Perlu diketahui, kanker payudara terjadi ketika ada sel-sel kelenjar payudara yang mengalami mutasi dan tumbuh secara tidak normal. Sel-sel ini berkembang dengan cepat sehingga membentuk benjolan pada payudara dan menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya. Jadi, anggapan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Efek Samping

Meski begitu, menggunakan bra saat tidur tetap memiliki efek samping. Seperti telah disebutkan di atas, penggunaan bra terutama yang terlalu ketat dan menggunakan kawat secara terus menerus, akan mengganggu peredaran darah Anda. 

Bagi sebagian wanita, tidur menggunakan bra juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Alhasil, Anda akan sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.

Selain itu, mengenakan bra kala tidur juga dapat meningkatkan pertumbuhan jamur karena membuat area sekitar payudara selalu berada dalam keadaan lembap. Jadi tak ada salahnya jika Anda menanggalkan bra untuk sejenak.

Memilih Bra

Apabila Anda justru lebih nyaman menggunakan bra saat tidur, sesungguhnya boleh saja. Akan tetapi perhatikan hal berikut ini saat memilih bra:



• Agar sirkulasi udara di sekitar payudara berjalan lancar, Anda bisa memilih bra yang terbuat dari bahan katun atau serat alami. Pilih jenis bahan yang lembut sehingga membuat payudara leluasa bergerak.

• Hindari memakai bra yang terlalu ketat karena bisa menimbulkan iritasi. Rasa sakit juga akan membuat Anda tidak nyaman dan tidur tidak nyenyak.

• Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kaus, piyama, atau lingerie yang bagian atasnya telah didesain seperti bentuk bra.

• Sangat tidak disarankan untuk menggunakan bra berkawat karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan nyeri di sekitar payudara Anda.

• Ganti bra saat tidur. Jangan mengenakan bra yang sudah Anda gunakan pada pagi hingga malam hari, apalagi jika bra Anda telah dipenuhi keringat. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bra,   tidur memakai bra,   kesehatan