Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Cara agar Anda Tetap Sehat ketika Anak Sakit

Moms, Ini Cara agar Anda Tetap Sehat ketika Anak Sakit

Saat Si Kecil sakit, tentu Moms akan mengerahkan seluruh tenaga dan perhatian Anda demi kesembuhan Si Kecil. Anda juga pasti ingin terus berada di sampingnya, menemaninya saat makan, maupun saat Si Kecil membutuhkan atau menginginkan sesuatu.

Menjaga anak yang sedang sakit memang tak mudah. Tak jarang Moms malah ikut sakit karena kelelahan mengurus Si Kecil. Namun untuk mengantisipasinya, ada cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meski Si Kecil sedang sakit. Simak cara-caranya berikut ini ya, Moms!



1. Jangan Lupa Sarapan

Agar Moms tak tertular Si Kecil yang sedang sakit, Anda harus meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Menurut Susan Stalte, ahli diet asal AS, saat ada anggota keluarga yang sakit, sebaiknya kita harus mengurangi mengonsumsi makanan olahan dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang padat gizi terutama saat sarapan.

“Asupan protein di pagi hari sangat penting untuk menumbuhkan rasa kenyang. Selain itu asupan protein juga dapat membantu memperbaiki jaringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum,” ujar Stalte. Ia juga menyarankan agar Moms perlu memilih sumber protein utuh yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda saat sarapan, seperti daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan, tahu, atau biji-bijian.

2. Atasi Gejala Penyakit dengan Vitamin C dan Zinc

Bila batuk pilek mulai menyerang, Moms bisa mengantisipasinya dengan memenuhi asupan vitamin C dan zinc. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dosis tinggi vitamin C dan zinc dapat membatasi durasi penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas atau pilek.

Menurut Dr. Gonzalo Bearman, Profesor Kedokteran dan Ketua Divisi Penyakit Menular di Virginia Commonwealth University School of Medicine, meski tidak efektif 100% dan memberi sedikit manfaat, mengonsumsi vitamin C atau zinc dosis tinggi patut dicoba.



Bila Moms sudah terlanjur terserang batuk pilek, Dr. Celine Thum, Direktur Medis di ParaDocs Worldwide mengatakan mengonsumsi vitamin C dan zinc dapat mengurangi durasi gejala bahkan setelah flu mulai menyerang Anda sekalipun.

3. Konsumsi Rumput Laut

Jika makanan yang kaya akan vitamin C seperti paprika atau brokoli tidak berpengaruh pada Anda, Moms bisa mencoba mengonsumsi rumput laut yang tak hanya kaya akan vitamin C namun juga kaya akan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Davida Mitchell, L.Ac., seorang dokter akupunktur dan pengobatan oriental mengatakan, vitamin A dan D yang ada pada rumput laut merupakan vitamin yang larut dalam lemak, dan sangat penting untuk kekebalan tubuh dan jauh lebih efektif untuk mencegah flu dan pilek.

4. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda agar terhidrasi dengan baik dan organ-organ tubuh Anda bekerja dengan maksimal.

5. Cukup Tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa istirahat yang cukup sangat membantu menangkal seseorang dari penyakit flu atau pilek. Diketahui, orang-orang yang rata-rata tidur kurang dari 7 jam per malam, 4,2 kali lebih mungkin terserang pilek dibandingkan dengan orang yang tidur lebih dari 7 jam. Jadi Moms, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dan manfaatkan situasi yang bisa memungkinkan Anda untuk tidur (walau hanya sebentar) dengan baik. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   anak sakit,   menjaga anak sakit










Cover Mei-Juni-Juli 2020