Mother&Baby Indonesia
Selain Mencegah Kehamilan, Ini Manfaat Kesehatan Pil KB

Selain Mencegah Kehamilan, Ini Manfaat Kesehatan Pil KB

Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang banyak digunakan. Ya, seperti yang kita tahu, pil KB memang efektif dalam mencegah kehamilan. Namun tahukah Moms, di balik manfaat utamanya tersebut, pil KB ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada wanita? Berikut ini manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi pil KB, Moms.

1. Membuat Siklus Menstruasi Jadi Teratur

Selain mencegah kehamilan, salah satu manfaat minum pil KB yang bisa Anda rasakan adalah membuat siklus menstruasi Anda menjadi lebih teratur. Haid tidak teratur umumnya disebabkan oleh adanya gangguan hormon reproduksi. Nah, minum pil KB bisa membantu masalah ini. Bahan aktif di dalam pil KB dapat mengatasi gangguan hormon tersebut.

2. Mengatasi Kram saat Haid

Banyak wanita yang mengalami kram saat haid. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia dalam tubuh yang disebut prostaglandin. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi pil KB. Sebuah jurnal yang diterbitkan di Human Reproduction menemukan bahwa pil KB dapat mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh.



3. Meringankan Gejala Endometriosis

Endometriosis merupakan gangguan kesehatan akibat jaringan pembentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini ditandai dengan gejala kram perut yang sangat menyakitkan saat haid. Kandungan pil KB dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan jaringan rahim ke bagian luar rahim sehingga rasa sakit saat haid pun berkurang.

4. Meredakan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan kondisi di mana sel telur yang dihasilkan indung telur sangat banyak dan hormon tidak seimbang. Akibatnya, wanita yang mengalami PCOS akan mengalami menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh, dan munculnya jerawat. Mengonsumsi pil KB bisa mengembalikan keseimbangan hormon dan membuat siklus bulanan Anda jadi teratur.

5. Menghentikan Migrain Menjelang Haid

Sakit kepala atau migrain kerap muncul saat Premenstrual Syndrome (PMS) atau sindrom prahaid yang terjadi sebelum datang bulan. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar estrogen yang bisa memicu migrain. Pil KB dapat membantu Anda mencegah migrain dengan menjaga kadar estrogen tetap stabil selama siklus menstruasi.



6. Mengurangi Munculnya Jerawat

Jerawat umumnya disebabkan oleh produksi kelenjar minyak atau sebum yang berlebihan, apalagi jika Anda tengah datang bulan. Pada masa ini, hormon menjadi sangat kacau dan mengakibatkan jerawat muncul lebih banyak. Anda bisa gunakan pil KB untuk mengatasi masalah jerawat, karena bisa menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

7. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Pil KB juga bisa menurunkan risiko ancaman beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium dan kanker rahim. Studi yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology pada 2010 mengungkapkan bahwa wanita yang menggunakan pil KB memiliki risiko 50% lebih kecil terkena kanker tersebut. Semakin lama mengonsumsi pil KB, maka efek proteksinya juga akan semakin kuat.

8. Mencegah Anemia

Saat menstruasi, Moms bisa saja mengalami perdarahan secara berlebihan. Jika tidak diatasi dengan tepat, kondisi tersebut bisa menyebabkan Anda menderita anemia. Minum pil KB ternyata mampu membantu mengurangi jumlah perdarahan saat periode bulanan ini datang. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   pil kb