Mother&Baby Indonesia
Bukan Cuma Gaya, Ini 6 Manfaat Kacamata Hitam bagi Kesehatan

Bukan Cuma Gaya, Ini 6 Manfaat Kacamata Hitam bagi Kesehatan

Saat sinar matahari terasa begitu menyilaukan pandangan, memakai kacamata hitam tentu bisa membantu Anda melihat lebih jelas ya, Moms. Namun ternyata tak hanya itu manfaat kacamata hitam. Yuk, ketahui manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan tubuh.

Mencegah Katarak

Tak hanya keren, memakai kacamata hitam ternyata efektif melindungi mata dari sinar ultraviolet yang bisa memicu katarak pada mata Anda. Menurut Glaucoma Research Foundation (GRF), paparan sinar UV yang lama dan sering bisa memicu katarak lho, Moms.

Mencegah Glaukoma

Glaucoma Research Foundation juga menyebutkan bahwa jika Anda sudah ada gejala glaukoma, maka paparan sinar UV bisa memperparah kondisi tersebut hingga terjadi kebutaan. Maka penggunaan kacamata hitam setiap ke luar rumah bisa mengurangi risiko glaukoma.



Mencegah Degenerasi Makular

Degenerasi makular adalah kondisi di mana sebagian dari retina, yang disebut makula, semakin parah hingga mengganggu penglihatan. Dalam kasus yang lebih parah, masalah kesehatan mata ini bisa menyebabkan kebutaan. 

Mencegah Snow Blindness

Jika Anda bepergian ke daerah bersalju, Anda harus ekstra waspada karena salju memantulkan 80 persen sinar UV dari matahari, dan bisa menyebabkan suatu kondisi yang disebut snow blindness atau buta salju. Ini adalah kondisi ketika sinar matahari membakar kornea mata.



Mempercepat Penyembuhan

Bagi Moms yang habis menjalankan operasi lasik atau operasi mata lainnya, menggunakan kacamata hitam bisa membantu mempercepat penyembuhan. Ini juga dibutuhkan untuk penyembuhan pasca operasi katarak dan kelopak mata.

Memaksimalkan Penglihatan

Moms pasti suka jalan-jalan menikmati pemandangan alam, kan? Nah, cobalah mengenakan kacamata hitam saat menikmati alam terbuka, karena pandangan Anda jadi lebih jelas.

Coba pilih kacamata dengan lensa polarized, agar pandangan lebih kontras dan bebas silau. Selain itu, foto-foto liburan Anda juga lebih keren jadinya, kan? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kacamata,   ultraviolet,   fashion,   kesehatan