Mother&Baby Indonesia
Bisa Buta, Ini 5 Bahaya Kebiasaan Mengucek Mata Berlebihan

Bisa Buta, Ini 5 Bahaya Kebiasaan Mengucek Mata Berlebihan

Mengucek mata dapat Anda lakukan kapan saja, baik karena kebiasaan atau refleks alami. Kelelahan, reaksi alergi, mata terasa kering, atau ada debu yang masuk ke dalam mata merupakan beberapa sebab umum orang mengucek matanya. Apa pun alasannya, mengucek mata terasa nyaman dan enak.

Sebabnya, menekan bola mata dengan lembut dapat bersifat terapeutik, karena mampu menstimulasi saraf sehingga mengurangi degup jantung serta menurunkan stres. Selain itu, mengucek mata juga menstimulasi produksi air mata, sehingga menjaga bola mata dari kering dan dari benda-benda asing.

Namun, bila dilakukan dengan terus-menerus dan penuh penekanan, mengucek mata juga dapat berbahaya lho, Moms! Merangkum dari beberapa sumber, berikut bahaya kebiasaan mengucek mata yang berlebihan.



1.  Penyakit Mata Jangka Panjang

Melansir Slade&Baker Vision, beberapa studi menunjukkan bahwa mengucek mata yang dilakukan dengan terus-menerus dapat berujung pada jaringan kornea yang menipis. Kornea yang menipis dapat melemah sehingga berubah bentuk. Kondisi ini disebut sebagai keratoconus, yakni kondisi serius yang bisa berujung pada daya penglihatan yang berubah, bahkan hingga membutuhkan tranplantasi kornea.

Selain itu, mengucek mata yang berlebihan dapat membahayakan orang-orang yang memiliki masalah mata. Pada orang dengan kondisi progressive myopia (biasa disebut mata plus atau rabun dekat), mengucek mata yang terlalu keras dan sering dapat memperburuk kondisi mata mereka. Orang dengan glaukoma bahkan dapat mengalami kerusakan saraf dan kehilangan kemampuan melihat secara permanen.

2. Cedera

Wajar bila seseorang mengucek matanya bila kelilipan. Hal ini merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing pada mata. Tapi mengucek mata saat kelilipan sebenarnya berbahaya, karena menggosok benda asing pada mata dapat menyebabkan kornea terluka. Kondisi ini biasa dikenal sebagai corneal abrasion.



Maka, bila kelilipan Anda tak perlu mengucek mata Anda. Biasanya mata akan mengeluarkan air mata, dan memang ini adalah cara terbaik yang digunakan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari mata. Bila menangis tidak membantu, Moms bisa gunakan cairan tetes mata.

3. Infeksi

Ya Moms, mengucek mata dapat menyebabkan infeksi tertentu, seperti konjungtivitis. Hal ini dikarenakan tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling kotor. Tak bisa dipungkiri, tangan membawa bakteri lebih banyak daripada anggota tubuh lainnya. Maka dari itu, mengucek mata dapat menyebarkan bakteri dari tangan berpindah ke mata.

4. Mata Panda

Tahukah Anda bahwa mengucek mata adalah salah satu dalang penyebab ‘mata panda’ Anda? Mengucek mata dapat membuat pembuluh darah pada area sekitar mata pecah, sehingga dapat menyebabkan mata tampak memar dan menghitam. Kondisi ini perlu waktu yang tak sebentar agar dapat pulih.

5. Tambah Gatal

Memang ironis, tapi mengucek mata akibat gatal malah dapat menambah sensasi gatal itu sendiri lho, Moms. Hal ini karena mengucek mata dapat melepaskan lebih banyak histamin. Pada kadar yang normal, histamin dikeluarkan sebagai reaksi alergi yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan alergi. Tapi bila kadar histamin yang dikeluarkan berlebihan, maka muncul berbagai gejala yang mirip reaksi alergi seperti gatal-gatal yang tak tertahankan. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: mata,   mengucek mata,   kesehatan