Mother&Baby Indonesia
Manfaat Daun Bangun-bangun, Bisa Jadi Pelancar ASI

Manfaat Daun Bangun-bangun, Bisa Jadi Pelancar ASI

Moms, pernah dengan nama daun bangun-bangun? Tanaman bisa tumbuh di daerah tropis, seperti India dan juga Indonesia. Daun bangun-bangun memiliki ciri daun yang beruas tebal, permukaannya licin, dan memiliki warna hijau tua.

Tanaman ini juga dikenal sebagai daun jinten bagi masyarakat asal Sumatera Utara. Anda bisa mengolahnya menjadi gulai, sayur, atau juga jus yang nikmat. Di dalam tumbuhan liar yang mudah ditemukan ini terkandung nutrisi seperti serat, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan kalsium.

Karenanya, daun bangun-bangun dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan mampu menjadi ASI booster, lho! Supaya tidak penasaran, ketahui beberapa manfaatnya yang dirangkum M&B dari berbagai sumber berikut ini, yuk!



1. Meredakan Sariawan

Moms terkena sariawan? Tenang, daun bangun-bangun bisa menjadi solusi untuk mengobati sariawan Anda. Caranya, siapkan sekitar 5 lembar daun, lalu bersihkan dan kunyah perlahan. Telan air sarinya dan buang ampasnya. Vitamin C dari daun bangun-bangun pun mampu mengatasi sariawan Anda secara alami.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun bangun-bangun ternyata juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Moms bisa menyiapkan beberapa lembar daun yang sudah dihaluskan, lalu seduh dengan air mendidih. Saring daun, kemudian peras sarinya dan bisa Anda minum untuk membuat tubuh kuat melawan berbagai penyakit.




3. Pelancar ASI

Daun bangun-bangun juga terkenal bisa menjadi ASI booster, sehingga ibu baru melahirkan dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Jadi selain daun katuk, Moms bisa mengganti menu masakan dengan daun jinten ini agar tak mudah bosan sambil menambah kualitas ASI.

4. Meredakan Demam, Batuk, dan Asma

Jika Moms mengalami penyakit ringan seperti demam atau batuk, Anda bisa juga memanfaatkan daun bangun-bangun sebagai obat alami. Ambil 7-9 lembar daun yang masih segar, lalu cuci bersih dan tumbuk halus. Ambil sarinya, campurkan dengan sedikit minyak wijen dan langsung minum.

5. Meringankan Sakit Kepala dan Rematik

Daun bangun-bangun juga bisa meringankan rasa sakit kepala. Caranya, memarkan daun bangun-bangun, kemudian, tempelkan daun di bagian kepala dan pelipis seperti mengompres. Cara yang sama juga bisa digunakan untuk meringankan rematik. Setelah menggiling halus daun bangun-bangun, tambahkan air kapur sirih secukupnya, lalu lumasi bagian tubuh yang menderita rematik dengan campuran daun dan air.

Nah, jadi Moms sudah menemukan satu bahan herbal yang kaya manfaat untuk tubuh, nih. Daun bangun-bangun sendiri umumnya bisa ditemukan di pasar tradisional. Selamat mencoba, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   daun bangun-bangun,   nutrisi,   asi