Mother&Baby Indonesia
Benarkah Stres Bisa Timbulkan Gatal? Ini Penjelasannya

Benarkah Stres Bisa Timbulkan Gatal? Ini Penjelasannya

Moms, pernah merasakan gatal di tubuh tapi tanpa sebab yang pasti? Gejalanya mulai muncul saat Anda mulai menggaruk tubuh dan timbul bercak-bercak merah yang muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini tentu bisa menimbulkan kekhawatiran adanya masalah kulit, seperti eksim atopik.

Namun setelah berkonsultasi ke dokter, Anda didiagnosis mengalami ruam stres, akibat kondisi stres atau merasa tertekan karena situasi tertentu. Mengapa kondisi ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak rangkuman berikut ini, Moms.

Apa itu Ruam Stres?

Dilansir dari situs Health.com, ruam stres merupakan kondisi kulit yang meradang akibat dipicu stres. Hal tersebut akan meningkatkan kadar kortisol, sehingga berisiko munculnya jerawat, histamin tubuh lebih responsif, atau melepas bahan kimia inflamasi yang membuat Anda merasa tidak nyaman.



“Jika Anda berada di bawah tekanan, maka bisa timbul gatal-gatal, atau kondisi masalah kulit lain menjadi lebih buruk,” jelas Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit di New York. Meski begitu, belum diketahui pasti alasan kimia inflamasi menjadi pemicu rasa gatal tersebut.

Tanda yang muncul adalah kulit yang meradang akan tampak seperti bekas gigitan nyamuk (bercak atau bentol) dan berwarna merah muda atau keunguan. Tubuh juga akan merasa sangat panas atau lembap, terutama di bagian tubuh seperti lipatan lengan atau area pinggul (area yang ditekan oleh karet celana).

Rasa gatal ini bisa timbul di satu area yang sama layaknya alergen, atau bisa di berpindah ke bagian tubuh lain. Jadi, Anda akan merasa selalu ingin menggaruk seluruh tubuh dan ini bisa terjadi kapan saja, tanpa gejala khusus saat gatal timbul.

Cara Mengobati Ruam Stres




Rasa gatal yang mengganggu ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Artinya, kondisi tersebut hanya bersifat sementara dan bisa timbul lagi jika stres yang Moms rasakan kembali muncul juga.

Tapi jika sudah sangat mengganggu, Anda disarankan untuk minum obat anti-histamin, yang bisa didapatkan di apotek. “Selain itu, hindari pemicu gatal seperti cuaca panas, yang bisa menimbulkan tekanan dan rasa tidak nyaman pada tubuh Anda,” tambah Dr. Rachel Nazarian, MD, dokter kulit lain asal New York.

Ruam stres juga bisa dicegah dengan membatasi screen time atau penggunaan ponsel pintar, dan tidak membuka media sosial dalam beberapa waktu. Sebagai pengganti, lakukan latihan mindfullness seperti meditasi atau sekadar berjalan-jalan sambil menikmati udara sekitar.

Apabila kondisi gatal semakin parah atau tak kunjung hilang, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna mengetahui penyebab sebenarnya. Mungkin Anda akan mendapatkan resep dokter khusus untuk mengatasi rasa gatal tersebut. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   stres,   gatal