Mother&Baby Indonesia
7 Tanda Si Kecil Tumbuh Menjadi Anak yang Bahagia

7 Tanda Si Kecil Tumbuh Menjadi Anak yang Bahagia

Apakah Si Kecil bahagia? Untuk menjawabnya, banyak hal yang bisa Anda perhatikan dari sikap Si Kecil. Sering tertawa bukan satu-satunya tanda anak bahagia lho, Moms. Yuk, lihat beberapa sikap di bawah ini yang bisa menandakan anak Anda tumbuh bahagia bersama Moms dan Dads.

Jarang Tantrum

Balita, khususnya anak 2-3 tahun, memang terkenal sering tantrum. Namun jika Anda lihat kembali penyebab tantrum, salah satunya karena anak tidak mendapat perhatian yang ia mau dan ia tidak bisa menyampaikan pesan dengan baik. Maka jika anak jarang tantrum, artinya ia bahagia dan puas karena yang ia inginkan dan butuhkan bisa tersampaikan dan ia dapat dengan baik.

Puas dengan yang Dimiliki

Anak yang manja tidak pernah puas dengan apa yang ia miliki. Mereka bahkan sering tantrum jika iri dengan anak lain dan berusaha merebutnya. Berbeda dengan anak yang bahagia, mereka puas dengan hal-hal yang telah ia miliki dan tidak mudah tergiur dengan benda-benda yang tidak ia miliki. Ia tahu, banyak mainan belum tentu membuanya bahagia.



Suka Membantu

Anak balita suka membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah? Itu bisa menjadi tanda ia bahagia lho, Moms, terutama bahagia di dekat Anda dan melakukan berbagai hal bersama Anda. Ia tahu, apa pun kondisinya, asalkan dilakukan bersama Moms dan Dads, maka ia bahagia. Itulah yang membuatnya senang menawarkan bantuan dan membuat Anda ikut bahagia juga.

Menghormati Orang Tua

Anak yang bahagia adalah yang bisa menghormati semua orang di sekitarnya, tak hanya teman sebaya, tetapi juga orang tua. Anak bahagia juga mau mendengarkan dan menghargai pendapat orang tua.



Tidak Suka Caper

Semua anak pasti suka diberi perhatian, namun ketika anak bahagia, ia tidak suka melakukan hal-hal aneh demi mencari perhatian. Anak yang bahagia tidak suka ‘caper’ dan ia justru suka memberi perhatian. Ia juga cenderung tumbuh menjadi pendengar yang baik lho, Moms.

Suka Berbagi

Bagi balita, berbagi adalah hal yang sulit diterapkan. Namun bagi anak bahagia, berbagi makanan, mainan, atau apa pun yang ia sukai, bukanlah hal yang sulit. Dengan panduan yang tepat dari Anda, sikap suka berbagi ini bukan hal yang sulit dikuasai anak kok, Moms. Sebagai langkah awal, beri Si Kecil contoh sikap suka berbagi juga, yuk!

Bersikap Baik dengan Tulus

“Kalau kamu enggak nakal, nanti Mama kasih permen.” Familiar dengan kalimat seperti ini? Ketika anak perlu disuap atau digugah dengan iming-iming menarik untuk melakukan sikap baik yang Anda perintahkan. Sedangkan pada anak bahagia, bersikap baik dan menuruti kata-kata orang tua bukan hal yang harus dihadiahi sesuatu, karena mereka mampu melakukannya dengan tulus. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak bahagia,   sikap anak