Mother&Baby Indonesia
10 Cara Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak

10 Cara Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak

Anak-anak sudah mulai belajar berbahasa sejak mereka masih sangat kecil melalui interaksi sosial dengan lingkungannya. Meski demikian, setiap anak memiliki proses evolusi dari penguasaan bahasa yang berbeda-beda, karena perkembangan setiap anak juga berbeda-beda.

Terkadang kurangnya kosakata yang dimiliki anak dan cara pengucapannya yang belum jelas menjadi masalah saat Si Kecil belajar berbahasa. Namun sebagai orang tua, Moms perlu berusaha menstimulasi kemampuan berbahasanya ini. Pengucapan dan artikulasi yang tepat yang Anda ajarkan pada Si Kecil bisa menjadi modal baginya untuk pandai berbahasa.

Selain itu, Masih banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa Si Kecil, seperti:



1. Sering Mengajak Si Kecil Bicara

Banyak sekali subjek yang bisa dijadikan topik pembicaraan saat Anda mengajak Si Kecil untuk berbicara, seperti apa saja kegiatan yang ia sukai, siapa teman favoritnya, seperti apa model baju yang ia suka, dan masih banyak lagi. Dengan sering mengajak Si Kecil berbicara, Anda pun sudah berperan dalam proses penguasaan berbahasanya agar menjadi lebih baik.

2. Gunakan Bantuan Visual

Saat mengajak Si Kecil berbicara, Moms juga bisa menggunakan dukungan seperti dari buku atau foto agar percakapan Anda dengannya berjalan lebih mudah dan lancar.

3. Tingkatkan Kosakatanya

Untuk meningkatkan kosakatanya, Moms bisa memberikan benda-benda berbeda setiap harinya dan memberi tahu informasi tentang benda tersebut. Jelaskan pula karakteristik, bentuk, warna atau hal-hal yang berkaitan dengan benda yang Anda tunjukkan pada Si Kecil.

4. Mendongeng

Dengan mendongeng, Moms bisa memotivasinya untuk bisa berbahasa dengan baik. karena saat mendongeng Anda bisa membuat suara, gerakan, keriuhan, dan masih banyak hal lain yang membuat Si Kecil tertarik untuk bisa melakukannya juga. Setelah Anda selesai mendongeng untuknya, jangan lupa tanyakan beberapa hal yang mudah terkait dongeng yang Anda ceritakan.



5. Ajari Bermain Games Sederhana

Moms bisa menggunakan cara yang cukup seru untuk menstimulasi kemampuan berbahasa Si Kecil, yaitu dengan mengajaknya bermain games sederhana seperti menjadi mata-mata. Atau Anda bisa menyembunyikan beberapa objek di sekitar rumah, dan memberinya petunjuk agar ia bisa mencarinya. Keuntungan dari cara ini adalah Si Kecil bisa sekaligus belajar memproses bahasa.

6. Selalu Dengarkan Anak

Pastikan Moms selalu mendengarkan Si Kecil dengan baik ketika ia berbicara dan berusahalan untuk selalu menjawab apa yang ia tanyakan. Hal ini akan mendorongnya untuk terus berbicara dan membuat komunikasi lebih menyenangkan.

7. Ajak Si Kecil Meniru Pelafalan Kata

Anak-anak belajar dengan mencontoh atau meniru orang tuanya. Maka saat Moms berbicara dengannya, bicaralah secara perlahan dengan pelafalan yang benar. Jangan mengabaikannya ketika ia ingin berbicara dengan Anda, dan pastikan Anda tidak memperkuat kesalahan yang ia lakukan saat berbicara.

8. Jangan Menyela Si Kecil saat Berbicara

Tentu bukan cara yang baik ya Moms, memotong pembicaraan yang sedang Si Kecil lakukan dan memintanya untuk mengulangi apa yang ia bicarakan. Sebisa mungkin, janganlah menyela pembicaraan Si Kecil, Moms.

9. Jangan Berbicara Kekanak-kanakan

Jika Moms meniru cara Si Kecil berbicara yang tentunya masih kekanak-kanakan, hal ini akan memperlambat proses Si Kecil untuk bisa berbahasa dengan baik.

10. Jangan Membandingkan

Mengoreksi kesalahan saat Si Kecil berbicara adalah hal yang baik. Namun jangan sampai Anda mengkritik, menertawai, atau marah pada Si Kecil saat ia salah berbicara. Hindari pula membandingkan kemampuan berbahasa Si Kecil dengan saudaranya, teman, sepupu, atau anak-anak lainnya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   kemampuan berbahasa anak