Mother&Baby Indonesia
Life Skills yang Bisa Dipelajari Anak Selama Pandemi

Life Skills yang Bisa Dipelajari Anak Selama Pandemi

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Artinya, Moms dan keluarga belum bisa leluasa bepergian ke luar rumah.

Sementara itu, Si Kecil tentunya juga belum bisa bersekolah atau bermain di luar rumah seperti biasa. Walau hanya di rumah, bukan berarti anak tidak bisa belajar banyak hal. Justru selama pandemi ini, Moms bisa mengajarkan life skills atau keterampilan hidup berikut ini pada buah hati Anda.

1. P3K

Selama masa pandemi COVID-19, Anda tentunya ingin meminimalisasi kunjungan ke rumah sakit. Jika ada kecelakaan kecil di rumah, Anda sebisa mungkin mengobati sendiri dengan menggunakan perlengkapan P3K. Moms, bisa membongkar kotak P3K dan memberitahukan kegunaan masing-masing barang yang ada di dalamnya pada Si Kecil.



2. Berkebun

Ya, bercocok tanam bukan sekadar hobi. Anda bisa mengajarkan Si Kecil untuk memanfaatkan lahan kecil di rumah buat berkebun selama masa pandemi COVID-19. Berkebun bukan hanya untuk menghabiskan waktu, tapi juga salah satu cara menghasilkan sumber makanan sendiri ketika Moms dan Dads tidak bisa terlalu sering pergi ke luar rumah guna membeli bahan makanan, khususnya sayuran.

3. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Selama ini mungkin Moms yang mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu dan mengepel, mencuci, serta menyetrika. Kini Anda memiliki banyak waktu guna mengajarkan Si Kecil bisa melakukan pekerjaan tersebut. Mungkin terkesan sepele, tapi mengerjakan pekerjaan rumah tangga semacam itu merupakan salah satu keterampilan hidup yang akan berguna hingga dewasa.

4. Memasak dan Menggunakan Pisau

Mungkin selama ini, Anda menganggap pisau adalah benda berbahaya bagi anak-anak. Anggapan tersebut memang ada benarnya. Namun alih-alih menjauhkan pisau dari Si Kecil, Anda bisa mengajarkannya untuk menggunakan benda tajam ini dengan benar.

Ajak Si Kecil membantu Anda memasak. Biarkan ia mengamati bagaimana Anda menggunakan pisau untuk mengiris atau memotong sayuran. Apabila anak sudah cukup besar, Anda bisa memintanya untuk membantu Anda melakukan hal tersebut. Moms juga bisa mengajarkannya untuk menyalakan atau mematikan kompor ketika memasak.



5. Menjahit

Anda mungkin berpikir bahwa menjahit merupakan pekerjaan orang dewasa. Namun sesungguhnya, pekerjaan ini sudah bisa diajarkan kepada anak-anak yang telah memiliki kemampuan motorik yang baik. Moms bisa mengajarkannya teknik dasar menjahit yang bisa bermanfaat bagi Si Kecil hingga ia dewasa. Selain melatih keterampilan tangan, menjahit juga mengajarkan anak untuk teliti dan berkonsentrasi memperhatikan detail terkecil.

6. Berpikir Kreatif

Berada di rumah saja selama masa pandemi COVID-19 akan terasa membosankan. Di sisi lain, Si Kecil akan terpicu untuk berpikir kreatif agar ia bisa terbebas dari rasa bosan tersebut. Biarkan ia mengembangkan kreativitasnya dengan membuat mainan dari kardus bekas atau menghias makanannya sendiri. Dengan berpikir kreatif, anak jadi terbiasa untuk mencari cara dalam menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

7. Membagi Waktu

Sebagian anak mungkin merasa bahwa fase karantina selama masa pandemi COVID-19 sebagai masa liburan. Hal itu disebabkan karena mereka tidak harus menjalani rutinitas seperti sarapan dan berangkat ke sekolah pada waktu yang telah ditentukan.

Namun bukan berarti Moms bisa membiarkan anak bersantai di rumah. Anda harus tetap menerapkan disiplin agar ia bisa menjalani sesi belajar di rumah dengan baik. Anda juga perlu mengajarkannya cara membagi waktu agar rutinitasnya sehari-hari bisa berjalan dengan efektif meski di rumah saja. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: life skills,   anak,   pandemi