Mother&Baby Indonesia
Mengenal Chat Sofa, Metode Pengasuhan ala Kate Middleton

Mengenal Chat Sofa, Metode Pengasuhan ala Kate Middleton

Layaknya orang tua pada umumnya, Prince William dan Kate Middleton juga harus memastikan anak-anak mereka, Pangeran George (6), Putri Charlotte (5) dan Pangeran Louis (2), mengalami masa tumbuh kembang yang baik secara fisik maupun mental.

Hal ini tentu saja dapat dicapai dengan metode pengasuhan yang tepat. Baru-baru ini diketahui bahwa Duke dan Duchess of Cambridge ini memiliki metode pengasuhan untuk mendisiplinkan anak-anak mereka yang disebut dengan Chat Sofa, meskipun belum dikonfirmasi secara langsung oleh pihak kerajaan. Lantas, apa itu metode pengasuhan Chat Sofa? Untuk mengetahui lebih lanjut, M&B telah merangkumnya untuk Anda, Moms.

Apa Itu Metode Pengasuhan Chat Sofa?

Melansir dari laman Pure Wow, menurut laporan The Sun, Duke dan Duchess of Cambridge memiliki pendapat yang kuat tentang bagaimana mendisiplinkan anak-anak, terlebih bahwa mereka bukan penggemar metode Naughty Step, yakni salah satu metode pengasuhan di Inggris yang membiarkan anak berada di suatu tempat selama beberapa waktu sampai ia menyadari kesalahannya dan meminta maaf. Di Amerika Serikat, metode pengasuhan ini disebut dengan Time Out.



Masih menurut sumber yang sama, Prince William dan Kate Middleton bersama dengan Maria Borrallo, seorang pengasuh yang telah melayani keluarga Kerajaan Cambridge sejak Prince George berusia delapan bulan, dan tinggal di Istana Kensington bersama mereka selama bertahun-tahun, menerapkan metode pengasuhan untuk mendisiplinkan anak-anak mereka yang disebut dengan Chat Sofa.

Sebagai orang tua, Prince William dan Kate Middleton menyadari bahwa anak-anak mereka tetap akan memiliki beberapa perilaku kurang baik atau nakal. Alih-alih mendidik mereka dengan cara bertengkar atau berteriak, Kate Middleton memilih untuk mengajak anak-anaknya duduk dengan tenang dan berbicara, menjelaskan mengenai konsekuensi atas segala tindakan yang mereka lakukan, termasuk saat mereka bertindak nakal.

Dengan kata lain, metode pengasuhan Chat Sofa ini adalah mengajak anak-anak untuk duduk dan berbicara, menjelaskan mengenai konsekuensi atas segala tindakan yang mereka lakukan.



Bentuk Komunikasi Terbuka Antara Orang Tua dan Anak

Dengan metode pengasuhan Chat Sofa ini, Prince William dan Kate Middleton membuat kontak mata dengan anak-anak mereka, sehingga terbentuk sebuah komunikasi terbuka antara orang tua dan anak. Dengan berbicara dengan anak-anak, baik Prince William dan Kate Middleton tidak menegaskan dominasinya, justru mendorong anak-anak mereka untuk mengekspresikan diri dengan syarat yang setara.

Hal ini terbukti ketika beberapa kali Kate Middleton tertangkap kamera sedang membungkuk dan membuat eye contact, serta berbicara dengan nada suara dan ekspresi yang tenang dengan anak-anaknya ketika sedang tantrum. Dengan membuat kontak mata, hal ini akan mendorong komunikasi terbuka antara orang tua dan anak.

Tertarik untuk mencoba metode mendisiplinkan anak ala Kate Middleton ini, Moms? (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   mendisplinkan anak,   chat sofa,   kate middleton,   pengasuhan anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020