Mother&Baby Indonesia
10 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Anak Balita

10 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Anak Balita

Belajar itu bisa dengan siapa saja. Meski Moms dan Dads berperan sebagai orang tua yang seharusnya mengajarkan banyak hal pada anak, namun sebenarnya Anda juga bisa belajar dari Si Kecil. Terkadang, cara berpikir seorang anak tentang hal tertentu malah lebih baik dibandingkan orang dewasa. Tak heran bila dari mereka jugalah kita bisa belajar tentang pelajaran hidup.

Sebagai orang tua, Anda hanya perlu terbuka dan menerima bahwa bukan hanya Anda yang bisa menjadi guru dalam kehidupannya, namun sebaliknya, Si Kecil juga bisa menjadi guru di kehidupan Anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda teladani atau pelajari dari balita, Moms.

1. Bersabar

Saat Moms melihat Si Kecil melakukan hal yang ia inginkan, di saat bersamaan Anda akan belajar tentang kesabaran yang diperlihatkan Si Kecil ketika ia berusaha mencapai apa yang ia inginkan.



2. Menghargai Hal Kecil

Biasanya balita tidak peduli dengan hal-hal mewah atau mahal. Mereka cenderung akan lebih terkesan dengan hal-hal kecil yang terjadi dalam hidupnya, sesederhana melihat hujan turun, atau sebuah kotak bekas yang bisa dijadikan mainan. Mereka mudah terhibur dengan hal yang berbeda, dan menemukan kebahagiaan dari hal yang paling sederhana.

3. Selalu Berprasangka Baik

Si Kecil biasanya tidak akan memandang seorang berdasarkan usia, ras, jenis kelamin, agama, atau pekerjaan mereka. Mereka bisa menganggap seseorang baik dengan melihat tindakan yang dilakukan orang tersebut. Selain itu, mereka juga sangat terbuka dengan orang yang berinteraksi dengannya.

4. Menikmati Hidup

Anak berusia dua tahun tampaknya sangat menikmati kehidupan yang ia jalani, ia tidak pernah menyesal tentang apa yang ia lakukan di masa lalu, bahkan tidak mengkhawatirkan masa depannya kelak. Tak peduli aktivitas apa yang ia lakukan, ia hanya hidup untuk hari ini.

5. Jadi Diri Sendiri

Balita biasanya tak peduli soal bagaimana orang lain akan memandangnya. Mereka sibuk untuk menjadi dirinya sendiri. Namun bukan berarti ia tidak memiliki sifat pemalu. Sifat pemalunya ini biasanya muncul ketika berhadapan dengan orang baru yang belum ia kenal.



6. Minta Bantuan saat Membutuhkan

Ketika Si Kecil bisa menjadi sangat mandiri dengan melakukan segala hal sendiri, terkadang ia tetap membutuhkan pertolongan. Saat mereka tidak bisa melakukan suatu hal sendiri, ia tidak malu untuk meminta bantuan pada orang lain.

7. Tidak Mudah Menyerah

Balita biasanya sering mengalami kegagalan, misalnya sering terjatuh atau memakai baju terbalik. Meski demikian, Si Kecil merasa tidak malu dengan kegagalannya. Ia juga tidak menganggap kegagalannya karena ia tidak mampu melakukan sesuatu. Sebaliknya Si Kecil akan mencoba lagi dan terus berusaha.

8. Memiliki Rasa Penasaran Tinggi

Si Kecil yang masih balita diketahui memiliki rasa penasaran yang tinggi akan segala hal. Mereka akan banyak melemparkan pertanyaan atau membuka setiap laci lemari yang bisa ia jangkau, mereka ingin belajar sebanyak mungkin, dan ingin mengeksplorasi banyak hal dengan menggunakan indra perasa, pencium, dan pendengarnya.

9. Makan saat Lapar

Memberikan makan untuk Si Kecil merupakan hal yang cukup menantang. Apalagi anak balita terkenal pemilih dan suka menolak makanan apa pun. Namun sisi baiknya adalah ia tidak dikendalikan waktu, di mana bila waktu sudah menunjukkan waktu makan siang ia harus makan siang. Sebaliknya ia mengikuti apa kata tubuhnya untuk mengetahui kapan ia harus makan.

10. Tak Sungkan Mengekspresikan Perasaan

Balita memang belum paham bagaimana cara menunjukkan perasaan yang benar sehingga ia membutuhkan bantuan untuk meregulasi emosinya. Namun ia tidak akan menahan perasaannya saat sedih atau marah akan suatu hal, entah itu ia tunjukkan dengan cara berteriak saat menangis atau menghentakkan kaki ketika marah. Mereka tidak segan menunjukkan keadaan emosional yang sedang dirasakan pada siapa pun. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sifat anak