Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Kacang-kacangan yang Baik untuk MPASI Bayi Anda

5 Jenis Kacang-kacangan yang Baik untuk MPASI Bayi Anda

Ada banyak macam makanan yang bisa Anda olah untuk MPASI buah hati Anda Moms, salah satunya kacang-kacangan. Namun, mungkin banyak Moms yang masih enggan memberikan kacang sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi mereka. Alasannya, mereka khawatir kacang bisa memicu alergi pada Si Kecil.

Kacang-kacangan sendiri merupakan makanan bergizi dan mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, lemak tidak jenuh, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini 5 jenis kacang-kacangan yang baik untuk Anda jadikan menu MPASI buat bayi Anda, Moms.

1. Kacang Tanah




Selama Si Kecil tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, Moms bisa memberikan jenis makanan ini untuk MPASI Si Kecil. Bahkan, memperkenalkan kacang sedini mungkin pada bayi bisa mengurangi risikonya mengalami alergi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 200 ribu anak di Inggris oleh para ahli dari Imperial College London menemukan fakta bahwa mengonsumsi kacang pada usia 6-11 bulan menurunkan risiko alergi hingga 70 persen dibandingkan anak yang baru makan kacang saat balita.

Namun ingat untuk tidak memberikan kacang dalam bentuk utuh karena berisiko membuat bayi Anda tersedak. Moms bisa perkenalkan lewat aneka bahan makanan yang mengandung kacang tanah, misalnya selai kacang atau pasta kacang. Namun, jika Anda khawatir Si Kecil punya alergi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai pemberian kacang sebagai menu MPASI Si Kecil.

2. Kacang Hijau


Jenis kacang satu ini mungkin sudah sangat familiar buat Anda ya, Moms. Kacang hijau mengandung zat gizi lengkap, yaitu karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin A, B6, C, E, K, juga mineral, seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Kandungan seratnya juga tinggi serta adanya zat fitokimia dan flavonoid yang memiliki banyak efek baik terhadap tubuh.

Salah satu cara mengolah kacang hijau adalah dengan membuatnya menjadi puree. Caranya, rebus kacang hijau, lalu haluskan kacang hijau yang telah direbus dengan blender, kemudian campurkan dengan ASI dan berikan pada Si Kecil. Ia pasti suka!

3. Kacang Merah




Kacang merah termasuk jenis kacang-kacangan dengan nutrisi lengkap. Selain protein, kacang merah juga mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B, folat, serat, serta mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc.

Ada banyak olahan kacang merah untuk MPASI bayi yang bisa Anda buat, misalnya bubur atau tim kacang merah. Teksturnya yang empuk dan lembut membuat bayi bisa menikmatinya dengan mudah.

4. Kacang Polong


Kacang berwarna hijau ini kaya akan protein. Kandungan vitamin dan mineralnya juga lengkap, seperti vitamin A, C, B1, B6, folat, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang semuanya baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Moms bisa olah kacang polong dengan cara merebus atau mengukusnya dan mencampurkannya dengan makanan yang lain. Namun untuk pemberian kacang polong di masa awal MPASI Si Kecil, Moms bisa membuatnya menjadi puree.

5. Kacang Kedelai


Kacang kedelai merupakan bahan pangan tinggi protein dan mengandung asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Kacang ini juga kaya vitamin C dan asam folat. Selain itu, kedelai merupakan sumber serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, isoflavon, dan thiamin.

Ada kacang kedelai utuh yang dapat Moms olah menjadi puree atau bubur. Namun, ada juga kacang kedelai yang sudah diolah menjadi bahan makanan lain, seperti tahu hingga tempe. Keduanya juga bisa dimasukkan ke dalam daftar menu MPASI Si Kecil ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   kacang-kacangan