Mother&Baby Indonesia
Bayi Merangkak Mundur, Normalkah?

Bayi Merangkak Mundur, Normalkah?

Sungguh membahagiakan ya Moms, saat melihat Si Kecil merangkak untuk pertama kalinya. Meski mungkin ia masih terlihat kesulitan, merangkak pasti menjadi salah satu tonggak perkembangan atau milestone Si Kecil favorit Anda, nih.

Kemampuan bayi untuk bisa merangkak biasanya terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Namun biasanya pada rentang usia 7-10 bulan bayi sudah mulai bisa merangkak. Begitu pun dengan gaya merangkaknya, setiap bayi juga memiliki gaya merangkak yang berbeda-beda. Ada yang merangkak sambil menyeret tubuhnya ke lantai, merangkak sambil memutarkan tubuhnya, atau bahkan justru Si Kecil merangkak ke arah belakang atau merangkak mundur.

Nah, saat bayi Anda merangkak mundur, mungkin Moms memiliki kekhawatiran ya, apakah caranya merangkak mundur ini pertanda sebuah gangguan perkembangan pada bayi, atau normalkan bila Si Kecil merangkak mundur? Jawabannya, ini adalah hal yang normal terjadi, Moms!



Mengapa Bayi Merangkak Mundur?

Saat bayi belajar merangkak, ia akan menggunakan cara yang paling mudah baginya. Ketika ia merasa bahwa tanganya lebih kuat dibandingkan kakinya, maka ia akan memilih untuk merangkak mundur.

Di samping itu, hal lain yang menjadi penyebab Si Kecil merangkak mundur adalah karena tubuh bagian atas bayi lebih berkembang daripada tubuh bagian bawah. Nah, nanti ketika tubuh bagian bawah dan kakinya sudah semakin berkembang dan kuat, ia akan mulai belajar merangkak maju ke depan.

Cara agar Bayi Merangkak Maju

Meski seiring waktu bayi Anda akan mampu merangkak ke depan, Moms tetap harus mendorong Si Kecil yang gemar merangkak mundur ini untuk bisa merangkak ke arah yang benar, yaitu ke depan. Cobalah beberapa cara berikut yang mungkin bisa membantu agar Si Kecil merangkak maju, Moms.



1. Berikan mainan atau makanan favoritnya, dan biarkan ia berusaha merangkak untuk menggapai mainan atau makanan yang Anda taruh di depannya.

2. Berikan contoh pada Si Kecil cara merangkak yang benar. Moms juga bisa melakukan gerakan merangkak selucu mungkin.

3. Saat Si Kecil sudah dalam posisi merangkak, letakkan tangan Anda pada bokong Si Kecil, lalu bantulah ia untuk merangkak ke arah depan.

4. Cobalah untuk menggerakkan kaki dan tangannya agar ia merasakan bagaimana rasanya bergerak maju ke depan.

5. Gunakan matras saat Si Kecil belajar merangkak.

Belajar merangkak bukan hal yang mudah untuk bayi. Maka berikan ia waktu dan jangan sampai Anda memaksanya untuk bisa merangkak dengan cara yang tepat, dan biarkan ia terus mencoba sampai berhasil merangkak maju. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi merangkak,   gaya merangkak bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020