Mother&Baby Indonesia
Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI

Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI

Moms tentunya sudah tidak asing lagi dengan khasiat minyak zaitun atau olive oil. Ya, minyak yang satu ini memang memiliki sederet manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan. Lemak utama yang dikandungnya merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak sehat. Antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Namun tahukah Anda bahwa minyak zaitun tidak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa? Minyak zaitun juga bisa diberikan kepada bayi sebagai bagian dari menu makanan pendamping ASI atau MPASI.



Nah untuk bayi, sebaiknya Moms memilih jenis extra virgin olive oil (EVOO). Jenis minyak yang satu ini memiliki warna hijau gelap dan berbau lebih tajam alami khas minyak zaitun. Tapi kualitasnya paling tinggi jika dibandingkan dengan olive oil, light olive oil, dan virgin olive oil.

Jenis extra virgin olive oil diambil dari proses perasan pertama buah zaitun dengan hanya sedikit menggunakan panas (cold-pressed process) dan tanpa bahan kimia. Kandungan asam folat dalam EVOO tidak lebih dari 1 persen. Titik asap EVOO juga lebih rendah dari keempat jenis olive oil, yaitu antara 165-190 derajat Celsius.

Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI

Selain kualitasnya lebih tinggi, EVOO juga memiliki kandungan omega-3, omega-6, dan asam linoleat yang hampir sama dengan ASI. Dengan begitu, manfaatnya akan lebih terasa maksimal bagi Si Kecil. Bukan itu saja, EVOO juga mudah dicerna. Moms bisa menggunakan EVOO dalam jumlah kecil dalam menu MPASI bayi Anda. Atau Anda bisa menggunakannya untuk menumis atau memasak makanan Si Kecil.

Sama seperti pada orang dewasa, EVOO juga memiliki manfaat bagi bayi Anda, antara lain:

1. Kaya Nutrisi

Minyak zaitun, khususnya EVOO, kaya akan nutrisi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang bayi. Seperti dilansir situs BabyDestination, EVOO merupakan antioksidan yang diperkaya dengan vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B. Minyak zaitun juga mengandung sekitar 55% hingga 83% asam oleat yang bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan otak bayi. 



2. Baik untuk Pencernaan

Menggunakan EVOO dalam menu MPASI akan mencegah bayi terkena sembelit dan memaksimalkan fungsi lambung. Pemberian EVOO dalam porsi secukupnya secara rutin akan menjadi sistem pencernaan Si Kecil menjadi lebih sehat.

3. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang

EVOO juga membantu penyerapan vitamin D yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan anak-anak. Keberadaan vitamin D yang terdapat pada EVOO ditambah dengan kalsium dan fosfor, akan membantu proses pengerasan tulang pada tumbuh kembang Si Kecil sehingga tulang mereka tidak rapuh, sekaligus meminimalisasi risiko terkena osteoporosis ketika dewasa.

4. Menambah Berat Badan

Minyak zaitun tinggi akan kalori. Hal ini membuat minyak zaitun merupakan pilihan tepat untuk diberikan kepada bayi yang memiliki masalah berat badan rendah.

Yang Perlu Diperhatikan

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memijat Si Kecil. Namun tentu saja Anda perlu memperhatikan apakah penggunaan minyak tersebut tidak menimbulkan alergi berupa ruam atau gatal-gatal di kulit bayi. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: minyak zaitun,   olive oil,   mpasi,   bayi