Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Alasan Bayi Suka Menarik Rambutnya Sendiri

Moms, Ini Alasan Bayi Suka Menarik Rambutnya Sendiri

Suatu kebiasaan yang sering dilakukan Si Kecil umumnya bisa menjelaskan kondisi yang ia alami saat melakukan hal tersebut. Meski pada awalnya terlihat menggemaskan, namun jika hal tersebut semakin sering ia lakukan, mungkin saja bisa membuat Moms menjadi khawatir.

Salah satunya adalah ketika bayi Anda mulai menarik rambutnya sendiri. Karena terlalu sering dilakukan, tanpa sadar Moms pun menghalangi kebiasaan yang tampaknya menyakitkan ini. Padahal, Si Kecil suka menarik rambutnya sendiri karena alasan tertentu, lho!

Penyebab Anak Suka Tarik Rambut Sendiri

Setidaknya, ada beberapa penyebab bayi Anda suka menarik rambutnya sendiri, seperti dilansir dari situs Romper, yakni:



Merasa Terganggu

Bayi tentu bisa merasakan stres atau tertekan pada suatu hal, yang ditandai dengan mulai menarik rambutnya sendiri. Hal ini wajar terjadi, karena perasaan terganggu akibat lingkungan sekitar atau adanya orang asing yang mencoba berinteraksi dengannya. Kebiasaan ini ia lakukan sebagai cara untuk menyamankan diri, berpikir, serta berusaha beradaptasi dengan membangun rasa percaya diri.

Tanda Bayi Lelah

Moms mungkin tanpa sengaja pernah melihat Si Kecil menarik rambutnya saat ia tampak lelah. Hal ini pun bisa menjadi tanda bahwa ia mengantuk dan perlu ditidurkan sesegera mungkin. Tanda lainnya, mungkin bayi Anda sudah sangat lelah hingga timbul rasa kesal atau sedang takut karena kebiasaan ini diiringi dengan tangisan yang menunjukkan ketidaknyamanannya pada situasi yang ia alami tersebut.

Pengaruh Motorik

Perkembangan motorik membuat anak semakin gemar menggenggam atau menarik sesuatu di dekatnya, termasuk rambutnya sendiri. Selama ia belum menemukan sesuatu yang mampu mengalihkan perhatian dalam menggerakkan tangan, maka rambut pun menjadi target yang akan ia tarik terus-menerus.

Mencari Hal Menarik

Ketika ia mulai menarik rambutnya, bisa jadi Si Kecil sedang ‘mencari’ sesuatu yang hendak ia pelajari. Hal ini juga dijelaskan oleh Dr. Jen Trachtenberg, seorang dokter anak dan penulis buku Pediatrician in Your Pocket. Ia menyebutkan bahwa bayi yang menarik rambutnya sedang mencari hal yang menarik dan seru sesuai instingnya untuk ia mainkan atau pelajari.



Gejala Trichotillomania

Kebiasaan bayi menarik rambut pun bisa menjadi gejala ia mengalami trichotillomania, yaitu seseorang yang memiliki dorongan untuk menarik rambut di kepala, tangan, alis, ataupun bulu mata. Kondisi ini sebenanrya sangat jarang terjadi, dan perlu mendapatkan penanganan tepat dari dokter.

Cara Mencegah Kebiasaan Ini


Hal yang penting diingat adalah Anda tak perlu memaksa anak untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Jika Moms merasa kebiasaan Si Kecil menarik rambut sendiri ini bisa membahayakan, Anda hanya perlu mengalihkan perhatiannya.

Berikan ia mainan atau suatu benda yang dapat membuatnya fokus pada hal tersebut. Moms juga bisa mengajaknya untuk berbincang, membacakan buku atau bermain dengannya, hingga ia melupakan kebiasaan tersebut. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kebiasaan bayi,   menarik rambut