Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Sumber Lemak yang Baik untuk Bayi Anda

Moms, Ini Sumber Lemak yang Baik untuk Bayi Anda

Lemak! Para Moms biasanya enggan mendengar kata yang satu ini. Selain memengaruhi kesehatan, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang berlemak juga diyakini bisa membuat tubuh semakin gemuk. Kondisi yang tentu saja dihindari oleh sebagian besar wanita.

Namun lain halnya dengan bayi. Lemak memiliki peranan penting dalam pemenuhan nutrisi Si Kecil. “Berbeda dengan orang dewasa yang harus menjaga makanan dari lemak, bayi justru membutuhkan lemak dalam makanannya. Kenapa? Karena 85 persen otak bayi terdiri dari lemak,” tulis dr. Meta Hanindita SpA., dalam akun Instagram miliknya.

Selain itu, tubuh bayi juga membutuhkan lemak sebagai bahan bakar dan penyimpan energi utama. Asupan lemak dari makanan turut berperan dalam pertumbuhan otak hingga perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, lemak juga membantu penyerapan jenis vitamin larut lemak (vitamin A, D, E, dan K), melindungi jaringan dan sistem saraf, serta menunjang produksi hormon.



Para ahli, seperti dilansir laman Healthy Times, menyarankan agar bayi dan anak di bawah usia 2 tahun, mendapatkan hampir 50 persen kalori harian dari lemak makanan. Membatasi asupan lemak pada bayi dan balita dapat menghambat pertumbuhan dan penyebabkan Si Kecil mengalami kekurangan gizi.

Namun, pastikan Moms memberikan lemak yang bersumber dari makanan yang sehat untuk Si Kecil, ya. Selain ASI, sumber lemak bagi bayi Anda bisa dilihat dalam daftar berikut ini, Moms.

1. Aneka Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, seperti keju (20,3 gram) dan mentega (81,6 gram). Anda bisa menjadikan bahan-bahan tersebut sebagai campuran menu makanan Si Kecil, seperti makaroni keju atau memasak dengan menggunakan mentega sebagai pengganti minyak.

2. Sumber Hewani

Bahan makanan hewani tentunya menjadi sumber lemak andalan Moms. Selain banyak variasinya, Moms juga bisa mengolah sumber lemak hewani menjadi berbagai macam menu makanan pendamping ASI atau MPASI bagi buah hati Anda.

Bukan hanya tinggi akan kandungan protein, bahan makanan hewani juga kaya akan lemak baik. Berikut adalah data kandungan lemak dalam sumber makanan hewani seperti yang dirangkum Kementerian Kesehatan RI dalam Data Komposisi Pangan Indonesia (takaran 100 gram).

• Daging sapi: 22 gram



• Daging ayam: 25 gram

• Salmon: 13 gram

• Telur: 10,3 gram

• Hati ayam: 16,1 gram

• Hati sapi: 22 gram

3. Kacang-kacangan

Selain kaya serat dan protein nabati, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber lemak bagi bayi. Namun perlu diingat, kandungan lemak pada kacang-kacangan tidak sebesar pada bahan makanan hewani. Meski begitu, Moms bisa memberikan makanan yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang merah, sebagai variasi menu MPASI bayi Anda.

4. Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Lemak tak jenuh tunggal, serat, dan kalium pada alpukat baik untuk tubuh bayi. Moms bisa mengolah alpukat sebagai puree atau memberikannya dalam bentuk setengah lumat kepada Si Kecil. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: lemak,   bayi,   sumber lemak