Mother&Baby Indonesia
Yuk, Berikan Apel untuk MPASI Bayi Anda! Ini Manfaatnya

Yuk, Berikan Apel untuk MPASI Bayi Anda! Ini Manfaatnya

Setelah 6 bulan, waktunya mengenalkan bayi Anda dengan makanan pendamping ASI, Moms. Guna menunjang tumbuh kembangnya secara optimal, Anda perlu memilih sayur maupun buah yang punya nutrisi penting untuk menu MPASI Si Kecil.

Salah satu buah yang populer dan sering direkomendasikan banyak orang untuk diberikan pada bayi sebagai menu MPASI adalah apel. Selain rasanya yang lezat, buah ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh Si Kecil. Berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh bayi dari mengonsumsi apel sebagai menu MPASI-nya.

1. Kaya Nutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Apel kaya akan vitamin A, C, dan E. Namun tidak sekadar vitamin, buah ini juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti kalium, magnesium, dan fosfor. Semuanya memiliki beragam manfaat untuk menunjang tumbuh kembang dan kesehatan bayi Anda, Moms.



2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu masalah yang kerap dialami bayi adalah sembelit atau susah buang air besar. Nah, Moms bisa jadikan apel sebagai menu MPASI bayi Anda. Buah ini mengandung serat larut (pektin) yang sangat baik dalam meringankan kerja usus dan pencernaan. Serat dalam buah apel juga akan memberi makan bakteri baik dalam usus, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

3. Meredakan Batuk

Walaupun tidak terlalu membahayakan, namun saat Si Kecil mengalami batuk, ia tentu akan kesulitan untuk beristirahat di malam hari akibat batuk yang dialami, sehingga kesehatannya bisa terganggu. Untuk meredakan batuk Si Kecil, Moms bisa rebus buah apel yang manis dan ambil sarinya untuk diberikan pada bayi.

4. Mengobati Disentri

Disentri juga menjadi penyakit yang sering dialami bayi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi usus besar yang membuat feses menjadi sangat encer. Sebagai pengobatan awal, Moms bisa berikan apel yang manis dan matang untuk dikukus kemudian berikan pada Si Kecil. Hal ini juga telah disarankan oleh American Medical Association. Namun pastikan juga bayi Anda mendapatkan penanganan medis saat terkena disentri ya, Moms.



5. Tidak Memicu Alergi

Tantangan dalam pemberian MPASI adalah memilih makanan yang cocok buat bayi Anda, karena jika salah bisa memicu alergi pada Si Kecil. Nah, jika Anda memberikan apel sebagai menu MPASI-nya, buah ini memiliki risiko alergi yang sangat rendah. Namun, Moms perlu mengolahnya dengan tepat. Pastikan juga apel yang Anda pilih sudah matang dan jangan memberi buah yang masih masam.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan Apel pada Bayi

Jika Moms ingin memberikan apel sebagai MPASI buat bayi Anda, pastikan mencuci buah apel hingga bersih, mengupas kulitnya untuk menghindari kontaminasi pestisida, dan membuang bijinya. Akan lebih baik jika Anda memberikan apel organik untuk Si Kecil.

Untuk pengolahannya, Moms bisa potong apel kecil-kecil seukuran dadu dan kukus hingga lunak. Atau Anda bisa olah apel menjadi puree dengan bantuan blender. Puree apel yang memiliki tekstur lembut akan membuat Si Kecil mudah untuk mencernanya. Pastikan juga wadah dan peralatan yang digunakan untuk membuat dan menyimpan MPASI dari apel dalam keadaan bersih.

Namun, hindari memberikan apel sebagai menu MPASI pertama Si Kecil di pagi hari atau ketika perutnya kosong, karena buah ini lebih sulit dicerna saat pagi hari atau dalam keadaan perut kosong. Yang juga penting, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter terlebih dulu sebelum Anda memberikan apel sebagai menu MPASI Si Kecil. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   apel