Mother&Baby Indonesia
Kenali Gripe Water untuk Bantu Redakan Kolik pada Bayi

Kenali Gripe Water untuk Bantu Redakan Kolik pada Bayi

Salah satu cara bayi untuk berkomunikasi adalah lewat tangisan. Sebagai ibu, tentu Moms orang yang paling mengerti apa arti tangisan Si Kecil, entah itu berarti ia lapar ataupun mengantuk. Namun ada kalanya Si Kecil tak berhenti menangis meski sudah diberi makan atau diganti popoknya karena ia sudah tak nyaman. Bila kondisinya seperti demikian, Anda mungkin perlu curiga apakah ada masalah lain di balik tangisannya.

Ketika bayi Anda tak berhenti menangis selama beberapa jam atau hari, biasanya ini diindikasikan sebagai tanda bahwa ia mengalami penyakit kolik. Meski sebenarnya penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, umumnya penyakit ini menyebabkan ketidaknyamanan pada perut yang disebabkan oleh gas dalam perut yang berlebih.

Untuk menenangkan Si Kecil yang mengalami kolik, selain dengan memijat perutnya secara lembut, Moms juga bisa menggunakan obat herbal yang disebut gripe water.



Apa Itu Gripe Water?

Gripe water merupakan obat herbal berbahan cair yang mengandung berbagai campuran bahan herbal, sepertiĀ  adas, jahe, chamomile, licorice, kayu manis, atau lemon balm. Secara teoritis ramuan dalam gripe water ini dapat membantu masalah pencernaan dan dianggap bisa membantu mengatasi kolik yang disebabkan gas berlebih dalam perut. Selain itu, gripe water juga bisa membantu meredakan sakit gigi dan cegukan.

Amankah Gripe Water untuk Bayi?

Umumnya gripe water aman digunakan untuk bayi. Namun untuk bayi berusia di bawah 1 bulan tidak dianjurkan untuk menggunakannya karena saluran pencernaan Si Kecil masih berkembang dan sangat sensitif pada usia ini.

Bila Moms ingin menggunakan gripe water ini untuk bayi, Anda perlu memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalamnya, dan memilih gripe water khusus bayi. Pilihlah gripe water yang tidak mengandung alkohol, gula, dan perasa buatan, karena terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan memengaruhi kebiasaan makan bayi Anda.



Pastikan gripe water yang Anda pilih tidak mengandung natrium bikarbonat dan peppermint. Sodium bikarbonat dapat mengganggu tingkat pH alami di perut bayi Anda sehingga menyebabkan terlalu banyak alkalinitas dan memperburuk gejala kolik. Sementara peppermint dapat berisiko menyebabkan gejala refluks pada bayi. Selain itu hindari gripe water yang mengandung gluten, produk susu, paraben, dan karbon nabati.

Bagaimana Cara Memberikan Gripe Water untuk Bayi?

Saat Si Kecil mengalami kolik, Moms bisa memberikan gripe water segera setelah menyusui. Anda bisa mencampur gripe water dengan susu formula atau ASI. Meski cara tersebut sangat aman, tetapi untuk hasil maksimal, sebaiknya Moms hanya memberikan gripe water tanpa mencampurnya.

Adakah Efek Samping dari Gripe Water pada Bayi?

Pada dasarnya gripe water aman digunakan untuk bayi. Namun Anda perlu mewaspadai tanda-tanda reaksi alergi setelah Si Kecil mengonsumsi gripe water, seperti gatal-gatal, mata berair, pembengkakan pada bibir atau lidah, muntah, rasa gatal, atau perubahan napas. Bila Moms mencurigai adanya reaksi alergi, hentikan penggunaannya dan segera hubungi dokter. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: gripe water,   bayi,   kolik,   kolik pada bayi