Mother&Baby Indonesia
5 Masalah pada Ubun-ubun Bayi yang Perlu Moms Ketahui

5 Masalah pada Ubun-ubun Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Bayi yang masih rentan mengalami kondisi masalah kesehatan memang membutuhkan perhatian lebih. Salah satu bagian tubuh yang penting dilindungi adalah ubun-ubun kepala bayi atau fontanelle, yang terhubung dengan banyak saraf di otak.

Perubahan atau masalah sekecil apa pun dapat menimbulkan masalah pada tumbuh kembang dan kesehatan Si Kecil. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda suatu penyakit berbahaya, terkait dengan kondisi otak bayi. Apabila kondisi berikut ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter ya, Moms!

1. Ubun-ubun Membengkak

Apakah Si Kecil pernah terjatuh dan terbentur mengenai bagian kepala? Hal ini bisa menimbulkan trauma, sehingga bagian lunak ubun-ubun akan membengkak. Kondisi akan membuat bayi muntah-muntah, jika terjadi trauma kepala yang serius dan fatal. Penanganan yang bisa dilakukan adalah langsung membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis.



2. Ubun-ubun Tampak Cekung

Ada beberapa bayi dengan ubun-ubun yang tampak cekung atau tenggelam ke dalam. Hal ini menandakan ia mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, durasi pemberian ASI perlu diperbanyak, sekitar 2 jam sekali dengan lama menyusui 15 menit. Hal ini akan membantu asupan cairan terpenuhi. Namun, apabila ada masalah pada Moms dengan produksi ASI kurang atau durasi menyusui sudah cukup sering tapi tanda ubun-ubun cekung tetap ada, segera berkonsultasi ke dokter, ya.


3. Hilangnya Titik Lunak (Soft Spot)

Pada bayi baru lahir, biasanya akan tampak bagian ubun-ubun yang lunak. Namun, kondisi ini bisa menghilang dengan cepat dan menimbulkan kekhawatiran. Apabila Si Kecil masih bertumbuh kembang dengan normal, maka ia dalam kondisi baik-baik saja.



Namun, kondisi ini bisa menjadi tanda tulang tengkorak bayi menutup lebih awal di satu sisi, hingga menyebabkan craniosynostosis. Jika hal ini dialami Si Kecil, maka tindakan pembedahan pun dibutuhkan untuk membuka tulang yang menyatu tersebut.

4. Ubun-ubun yang Mengembung

Terjadinya hidrosefalus atau penumpukan cairan membuat ubun-ubun Si Kecil tampak mengembung dan ‘penuh’. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya pendarahan internal, tumor, atau terjadi massa yang menyebabkan tekanan pada kepala. Hal tersebut membuat pertumbuhan kepala bayi lebih cepat, sehingga membutuhkan diagnosis dan perawatan khusus untuk menyembuhkannya.

5. Titik Lunak Tidak Menutup

Setelah bayi berusia satu tahun, seharusnya titik lunaknya sudah mulai tertutup. Namun jika ini tidak terjadi, maka kemungkinan ia mengalami kondisi genetik, seperti hipotiroidisme bawaan. Hipotiroidisme sendiri merupakan kelainan pada kelenjar tiroid yang mengakibatkan kelenjar tersebut tidak dapat menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Maka, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   ubun-ubun,   kepala bayi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020