Mother&Baby Indonesia
8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

Memberi perawatan bagi Si Kecil memang harus ekstra hati-hati karena kulit bayi yang sensitif membuatnya mudah mengalami iritasi. Begitu pun pemilihan minyak yang bisa diaplikasikan pada kulitnya. Alih-alih menggunakan minyak bermerek, Moms juga bisa lho, menggunakan minyak alami untuk kulit bayi, seperti minyak kelapa, yang juga memiliki banyak manfaat.

Minyak kelapa murni atau biasa juga disebut dengan virgin coconut oil (vco) merupakan minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, dan diambil minyaknya atau kernelnya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari minyak kelapa. Sementara untuk bayi, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit lho, Moms! Nah, berikut ini sejumlah manfaat minyak kelapa untuk kulit bayi Anda.

1. Menghilangkan Cradle Cap

Cradle cap menjadi salah satu masalah kulit bayi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini membuat kulit kepala bayi Anda menjadi kering, berubah warna menjadi lebih gelap dan mengelupas. Moms dapat mengoleskan minyak kelapa sambil menggosok pelan area kulit kepala Si Kecil yang mengalami cradle cap. Penggunaan minyak kelapa secara rutin dapat menghilangkan masalah cradle crap pada kulit kepala Si Kecil.



2. Mengatasi Ruam Popok

Penggunaan popok pada Si Kecil dapat membuat kulitnya menjadi lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lain. Jika sudah meradang dapat menyebabkan ruam popok yang tentu dapat membuat Si Kecil jadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ruam popok, Moms juga bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin buat meredakannya.

3. Mengatasi Infeksi Jamur

Kulit bayi yang masih sensitif rawan terkena infeksi jamur ataupun bakteri pada bayi. Infeksi jamur umum terjadi di bagian pantat, leher, ketiak, dan area lipatan lainnya. Masalah kulit ini akan membuat bayi merasa risih, gatal, dan ia pun menjadi rewel.

Memandikan bayi secara rutin dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi campuran minyak kelapa dapat meredakan infeksi tersebut, karena minyak kelapa mengandung asam laurat dalam jumlah besar. Asam laurat sendiri dikenal sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

4. Menghilangkan Jerawat Bayi

Meski masih bayi, kulit wajah Si Kecil juga dapat timbul jerawat, yang biasa disebut dengan jerawat bayi. Untuk menghilangkannya, Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat herbal yang ampuh. Asam lemak esensial antiseptik yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mencegah dan menghilangkan infeksi bakteri ketika dikonsumsi melalui mulut atau dioleskan langsung ke kulit.



5. Memijat Bayi

Moms, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas ketika melakukan pijat pada Si Kecil, lho! Minyak kelapa bisa menenangkan dan membuat bayi rileks saat istirahat dan dipijat. Selain itu, kebaikan dalam minyak kelapa juga dapat menyerap di kulit Si Kecil.

6. Mengatasi Eksim pada Bayi

Masalah kulit seperti eksim yang menyerang bayi dapat mengakibatkan kulitnya menjadi sangat kering dan terasa gatal. Minyak kelapa akan membantu melembapkan kulit Si Kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa juga akan membantu mengatasi eksim. Manfaat anti mikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

7. Mengobati Gigitan Serangga

Mengoleskan sedikit minyak kelapa murni pada bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat, dapat meredakan peradangan karena gigitan serangga tersebut. Minyak kelapa murni memiliki manfaat anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

8. Melembapkan Kulit

Moms, minyak kelapa memang kaya akan vitamin dan lemak sehat yang berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit. Oleskan sedikit minyak pada kulit kering pada bayi dan pijat sampai menyerap ke dalam kulit. Minyak kelapa bisa melembapkan kulit ketika dibiarkan sampai Anda memandikan bayi. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: minyak kelapa,   bayi,   kulit bayi,   virgin coconut oil