Mother&Baby Indonesia
Ingin Lakukan Persalinan Gentle Birth? Ini Persiapannya

Ingin Lakukan Persalinan Gentle Birth? Ini Persiapannya

Moms, sudahkah memutuskan metode persalinan seperti apa yang akan dilakukan saat tiba waktunya Si Kecil lahir? Dari beragam cara yang semakin populer saat ini, gentle birth bisa menjadi salah satu yang Anda pilih dengan berbagai alasan, seperti mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Gentle birth adalah seni persalinan yang sangat alami, di mana kelahiran dipercaya sebagai hasil sebuah cinta yang prosesnya harus dibiarkan berjalan dengan sendirinya,” kata Robin Lim, CPM., praktisi kelahiran dan pengurus Yayasan Bumi Sehat Bali.

Proses yang dijalani tersebut perlu dipersiapkan secara matang, bahkan sejak terjadinya kehamilan. Dengan persiapan ini, maka Moms yang akan berjuang sendiri selama persalinan, sementara dokter atau bidan hanya mendukung selama proses persalinan berlangsung dan membantu jika diperlukan.



Lalu, apa saja persiapan yang bisa dilakukan ketika awal kehamilan hingga menjelang persalinan? Sama halnya dengan selebriti Moms, seperti Ardina Rasti, Ayudia Bing Slamet, atau Shareena Delon yang melakukan gentle birth, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda siapkan, Moms.


1. Cari Inspirasi

Ada banyak kisah, baik dari selebriti maupun Moms lainnya yang sudah pernah melakukan gentle birth. Anda bisa membaca cerita mereka sebagai inspirasi sekaligus sebagai informasi untuk meyakinkan diri bahwa ini merupakan metode persalinan yang akan dilakukan nanti.



2. Kenal Bala Bantuan

Saat ingin mencari tahu tentang gentle birth, tanyakan saja pada dokter, bidan, atau doula yang membantu Anda selama kehamilan hingga persalinan nanti. Mereka akan memberikan masukan dan saran yang setidaknya menguatkan keputusan Anda untuk melakukan metode persalinan ini.

3. Ikut Pelatihan

Melatih diri untuk tetap tenang dengan yoga atau kelas senam kehamilan juga sangat dianjurkan sebagai persiapan gentle birth. Moms bisa menemukan beberapa kelas latihan untuk ibu hamil, namun pastikan sesuai dengan tujuan Anda untuk melakukan gentle birth, agar bantuan yang diberikan sesuai.

4. Ajak Suami

Jika Moms sudah pasti ingin melakukan gentle birth, suami juga harus mendukung sepenuhnya. Maka saat pelatihan, suami pun perlu diajak untuk mempersiapkan dirinya untuk menjadi ayah setelah Si Kecil lahir. Pelatihan ini tak hanya pada kelas olahraga saja, tapi juga momen saat berdiskusi dan belajar serba-serbi tentang menjadi orang tua yang sempurna versi Anda berdua.

5. Utamakan Komunikasi

Selama hamil, Moms tentu sudah bisa membangun kedekatan atau bonding dengan janin melalui komunikasi. Meski dibatasi dinding rahim dalam perut, namun Anda sudah bisa mengajaknya bicara beragam hal atau sekadar mendengarkan musik bersama. Langkah sederhana ini menjadi penting untuk bisa memperlancar persalinan dengan metode gentle birth. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan,   gentle birth