Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Pasta Gigi Tanpa Fluoride buat Balita

Rekomendasi Pasta Gigi Tanpa Fluoride buat Balita

Moms, tentunya ingin Si Kecil memiliki gigi yang sehat dan kuat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengajarkannya untuk menyikat gigi sejak dini. Namun jangan asal memilih pasta gigi bagi buah hati Anda ya, Moms. Pilih pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Pasalnya, paparan fluoride yang terlalu banyak akan menimbulkan fluorosis gigi dan mengakibatkan munculnya bintik putih pada permukaan gigi.

Hampir sebagian pasta gigi mengandung fluoride. Tapi jangan khawatir Moms, saat ini sudah banyak pasta gigi anak tanpa fluoride. Berikut adalah rekomendasi pasta gigi tanpa fluoride bagi Si Kecil.

Purebb Pure Kids Tooth Paste

Pure Kids Tooth Paste merupakan pasta gigi untuk membersihkan dan merawat gigi anak tetap sehat dan tidak berlubang. Dengan 2 varian, yaitu banana dan strawberry, Pure Kids Toothpaste diformulasikan No added SLS sehingga mencegah iritasi pada mulut dan No added Fluoride untuk mencegah gigi keropos.



Produk ini tanpa paraben dan tanpa pewarna sehingga pastanya tidak berwarna. Kandungannya terdiri atas xylitol, pemanis alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri kariogenik (bakteri penyebab kerusakan gigi) dan silica yang bersifat abrasif sekaligus untuk membersihkan gigi.


Pigeon Toothpaste for Children

Pigeon memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen perlengkapan bayi dan anak. Salah satu produk mereka adalah Pigeon Toothpaste for Children. Pasta gigi ini tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), yaitu zat pembuat busa yang aman untuk gigi sensitif. Selain itu, Pigeon Toothpaste for Children juga tanpa fluoride sehingga aman bagi Si Kecil yang belum bisa mengeluarkan sisa pasta gigi setelah berkumur. Pasta gigi anak Pigeon memiliki dua varian rasa, yaitu orange dan strawberry.


Dr Brown’s Happy Teeth Toothpaste

Dr Brown’s Happy Teeth Toothpaste terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman buat Si Kecil. Pasta gigi yang dijual di outlet Mothercare ini juga tidak mengandung fluoride sehingga aman jika tanpa tak sengaja tertelan. Dr Brown’s Happy Teeth Toothpaste hanya terdiri dari satu varian rasa, yaitu real pear and apple flavour.


Jack N’Jill Natural Toothpaste

Brand asal Filipina yang satu ini sudah cukup dikenal di Asia. Untuk perawatan gigi anak, Jack N’Jill memiliki produk pasta gigi yang mengandung bahan alami, yaitu calendula atau bunga marigold yang biasa digunakan untuk produk kecantikan. Calendula bersifat antibakteri dan antiradang. Jenis bunga yang satu ini juga diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan gusi bengkak dan sariawan.



Jack N’Jill Natural Toothpaste tidak mengandung alergen (zat pencetus alergi), sodium lauryl sulphate (SLS), pemanis dan pewarna buatan, maupun fluoride sehingga aman bagi Si Kecil. Di Indonesia, terdapat enam varian rasa produk ini yang pastinya akan disukai buah hati Anda. Selain varian flavour free, ada juga varian organic banana, organic blackcurrant, organic rapsberry, organic blueberry, dan organic strawberry.


Chicco Toothpaste

Untuk melindungi gigi Si Kecil, Moms juga bisa menggunakan pasta gigi khusus anak dari Chicco. Produk ini ditujukan bagi Si Kecil sejak usia enam bulan. Chicco Toothpaste tidak mengandung fluoride dan pengawet buatan. Namun produk ini memiliki kandungan xylitol yang membantu mencegah gigi berlubang pada anak. Chicco Toothpaste memiliki dua varian, yaitu apple-banana dan strawberry.


Little Tree Toothpaste

Seperti halnya Dr Brown’s Happy Teeth Toothpaste, Little Tree Toothpaste juga bisa didapatkan di toko-toko Mothercare. Little Tree Toothpaste merupakan pasta gigi khusus anak yang terbuat dari bahan alami dan mengandung kalsium yang membantu memperkuat gigi Si Kecil. Produk ini juga memiliki kandungan xylitol, plus ekstrak daun blueberry, vitamin C, dan vitamin E.

Little Tree Toothpaste bebas dari bahan pengawet, pemanis, fluoride, serta bahan kimia berbahaya lainnya. Ada enam varian rasa yang bisa Moms pilih, yaitu strawberry 6+, serta strawberrygrape, melon, orange, dan apple yang ditujukan bagi Si Kecil yang berusia 12 tahun ke atas.


(Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Shopee, Ecco Verde)



Tags: pasta gigi,   rekomendasi,   anak,   balita