Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Test Pack untuk Tes Kehamilan di Rumah

Rekomendasi Test Pack untuk Tes Kehamilan di Rumah

Saat seorang wanita merasa dirinya hamil, biasanya ia akan melakukan tes kehamilan untuk mengetahui dengan pasti, apakah dirinya hamil atau tidak. Tujuannya adalah agar jika positif hamil, ia bisa mempersiapkan dan merawat kehamilannya dengan sebaik-baiknya.

Nah, salah satu cara termudah yang bisa dilakukan secara dini untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan tes sendiri menggunakan test pack. Ada berbagai jenis dan produk test pack yang dijual di pasaran. Berikut ini 5 merek test pack pilihan yang bisa Moms gunakan untuk melakukan tes kehamilan.

1. Sensitif Strip

Merek test pack yang telah memiliki nama besar di Indonesia ini bisa Anda gunakan kapan saja, bukan hanya di pagi hari, dengan tingkat keakuratan mencapai 99,9% untuk menambah kepastian hasilnya.



Produk ini bekerja dengan cara mendeteksi tingkat kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotrophin) pada urine Anda. Moms hanya cukup mencelupkan alat tersebut ke dalam sampel urine selama 30 detik. kemudian dalam waktu 1-3 menit, strip akan menghasilkan 2 garis jika Anda positif hamil dan 1 garis jika negatif.


2. Akurat Compact

Jika Moms merasa lebih simpel menggunakan test pack tanpa harus menampung urine, Anda bisa gunakan produk ini. Merek ini merupakan salah satu test pack yang bisa memberikan hasil akurat dalam waktu cepat dengan tingkat kepekaan 10 mIu HCG/ml urine.

Cara penggunaannya cukup dengan membuka tutup stik dan mengarahkan ujung stik yang telah ke arah aliran air seni. Setelah ujung stik dipastikan basah, lalu pasang kembali tutupnya. Jika muncul 1 garis, hasil menunjukkan tidak hamil dan jika muncul 2 garis, hasil menunjukkan hamil. Namun, ingat! Jangan buka kemasan plastik bila strip tidak akan langsung digunakan ya, Moms.


3. Woman Choice Pregnancy Test Strip

Produk ini sudah dilengkapi dengan wadah urine sehingga lebih praktis untuk Anda. Adanya wadah urine ini membuat Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan lebih dari satu test pack yang berbeda atau melakukan tes ulang. Dengan begitu, hasilnya bisa lebih meyakinkan buat Anda.

Alat ini menjanjikan ketepatan hasil seperti tes di laboratorium dan bisa digunakan kapan saja dan salah satu produk yang cocok untuk Anda yang ingin hasil cepat. Tampung urine di wadah yang telah tersedia, celupkan produk ke dalam urine dan angkat setelah 10 detik. Anda akan mendapatkan hasil hanya dalam waktu 40 detik.




4. OneMed Test Hamil Quick & Sure

Produk dari OneMed ini memiliki cara penggunaan yang berbeda dari yang lain. Alih-alih mencelupkan stik pada urine yang ditampung, Anda cuma perlu menyedot urine menggunakan pipet yang telah disediakan di dalam kemasan. Lalu, teteskan urine tersebut ke dalam lubang pada produk. Anda akan mendapatkan hasilnya 1 menit setelahnya.

Dengan menggunakan pipet, kesalahan lebih bisa dihindari dibandingkan dengan mencelupkan test pack. Tes hamil ini punya sensitifitas 10mlU dan akurasi lebih dari 99%. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil yang jelas dengan risiko salah sedikit, Anda bisa gunakan produk ini. Jika menghasilkan 2 garis berarti positif, sedangkan jika yang terlihat hanya 1 garis dekat C berarti negatif, dan jika muncul 1 garis dekat T berarti invalid.


5. ClearBlue Pregnancy Test Digital

Ini adalah alat uji kehamilan dengan hasil lebih lengkap dari test pack biasa. Alat ini memiliki indikator minggu kehamilan (weeks indicator). Jadi, selain menampilkan hasil positif hamil atau tidak, alat ini juga menampilkan perkiraan usia kandungan ketika Anda positif hamil. Indikator minggu kehamilan berupa angka yang mudah dibaca.

Harganya memang agak mahal, tapi produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengetahui usia kehamilan saat Anda belum sempat ke dokter, dengan tingkat keakuratan hasil tes kehamilan lebih dari 99% dan tingkat keakuratan perkiraan usia kehamilan mencapai 93%. Cara penggunaannya sama dengan test pack lainnya. Tampung urine dalam wadah, lalu celupkan ujung alat tes ke dalam urine sampai tanda batas. Sebaiknya, urine yang dipakai adalah urine pertama setelah bangun tidur di pagi hari.


(M&B/SW/Dok. Freepik, Bukalapak, Mybest)



Tags: rekomendasi,   kehamilan,   test pack