Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi 5 Santan Instan dan Cara Mengolahnya

Rekomendasi 5 Santan Instan dan Cara Mengolahnya

Bagi Anda yang suka masak tetapi tidak mau repot, penggunaan santan instan tentu sangat membantu ya, Moms. Anda tidak perlu lagi repot ke pasar hanya untuk membeli kelapa, memarut, dan memeras santannya.

Dengan santan instan, rasa dan aroma yang dihasilkan tak jauh berbeda, harganya terjangkau, dan tentunya mudah didapat di minimarket terdekat. Yuk, berkenalan dengan aneka merek santan instan rekomendasi M&B berikut ini.

*Rekomendasi berdasarkan alfabet.



Bumas Coconut Cream

Jika Moms suka santan kelapa dengan tekstur lembut dan kental, maka Bumas Coconut Cream sangat cocok untuk Anda. Santan instan yang satu ini berbentuk krim kental yang cocok untuk diolah menjadi masakan gurih maupun manis.

Kara

Mungkin inilah salah satu merek pelopor santan instan di Indonesia ya, Moms. Tekstur dan rasanya bisa dibilang mirip dengan santan segar. Pengemasannya juga sangat apik, aman, dan bersih. Kara diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang menjaganya tetap awet dan higienis.

Klatu

Merek santan instan yang satu ini menawarkan santan kelapa tua pilihan yang dihasilkan dari perasan pertama, berkualitas! Rasanya juga gurih dengan tekstur sangat kental, cocok untuk diolah menjadi aneka masakan gurih maupun manis.

Rose Brand Santan Kelapa

Tak hanya enak dan praktis, santan instan Rose Brand juga mengandung antioksidan, vitamin C, E, dan B lho, Moms! Teksturnya tidak sekental krim tapi juga tidak terlalu cair, sangat pas untuk dicampurkan dalam adonan kue basah.

Sasa Santan Kelapa

Untuk Anda yang tidak ingin santan yang mengubah tekstur makanan, maka Sasa Santan Kelapa bisa menjadi pilihan tepat. Santan instan ini teksturnya cair seperti santan segar, jadi tidak perlu khawatir penambahan santan akan mengubah tekstur makanan. Praktis, enak, dan higienis!



Cara Mengolah Santan Instan


Memasak memang menjadi lebih mudah dengan santan instan, setuju kan, Moms? Namun terkadang agak sulit menghitung takaran santan instan. Berbagai resep sering meminta Anda untuk memasukkan 100 ml santan dari 1 butir kelapa, lalu bagaimana jika Anda memakai santan instan?

Nah, Moms perlu tahu kalau santan instan (umumnya berukuran 200 ml) biasanya terbuat dari 2 butir kelapa. Jadi kalau resep Anda meminta 100 ml dari 1 butir kelapa, gunakan saja setengah kotak santan instan.

Agar santan instan tidak mudah pecah saat dimasak, maka cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan santan segar, yaitu harus sering diaduk. Memasak resep bersantan dengan cara sering diaduk mencegah santan menggumpal atau yang sering disebut santan pecah.

Masukkan santan sedikit demi sedikit ke kuah dasar yang belum mendidih, sambil diaduk terus. Ingat ya, Moms, mengaduknya harus konsisten, jangan hanya sekali-kali. Penggunaan api kecil juga membantu mencegah santan pecah, Moms.

Berita baiknya, penggunaan santan instan jarang menimbulkan santan pecah, karena kebanyakan santan instan sudah diberi emulsifier atau bahan penstabil, sehingga teksturnya cukup stabil. Selamat mencoba! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: rekomendasi,   santan instan