Mother&Baby Indonesia
7 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

7 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Salah satu zat yang penting dikonsumsi saat Moms hamil adalah asam folat. Anda pasti sering mendengarnya, terutama bagi calon ibu yang tengah hamil. Ya, selama masa kehamilan, folat jadi salah satu nutrisi esensial yang harus dipenuhi untuk tumbuh kembang janin.

Asam folat punya segudang manfaat buat ibu hamil, seperti membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD) serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Folat juga dapat membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan, mengobati anemia, dan mengurangi risiko pre-eklampsia.

Moms bisa cukupi kebutuhan asam folat lewat makanan yang Anda konsumsi. Namun, jika dirasa masih kurang, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat. Akan tetapi, sebelum Anda mengonsumsinya, pastikan Anda konsultasikan ini dulu dengan dokter Anda ya, Moms. Berikut ini rekomendasi suplemen asam folat dari M&B.



Baca juga: Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil, Moms

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Produk suplemen nomor 1 di Australia ini tentu sudah tak asing lagi buat Anda ya, Moms. Selain tinggi asam folat, produk ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui, seperti zat besi, kalsium, vitamin D, DHA, serta vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik untuk kesehatan Anda dan pertumbuhan buah hati yang optimal.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung odorless fish oil yang merupakan sumber DHA namun tidak menimbulkan rasa mual pada ibu hamil dan menyusui. Zat besi yang berasal dari besi fumarat juga tidak akan menyebabkan konstipasi. Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang bayi dan mencegah osteoporosis pada ibu. Tidak perlu khawatir Moms, produk ini sudah disesuaikan dosisnya berdasarkan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia.


2. Now Folic Acid 800 mcg with Vitamin B-12

Untuk Moms yang masih khawatir mengonsumsi suplemen karena keamanan produknya, suplemen ini bisa menjadi pilihan yang sesuai buat Anda. Produk ini telah memiliki sertifikat Good Manufacturing Practice (GMP), sehingga kualitas bahan baku dan proses pembuatannya tidak perlu diragukan dan membuat Anda khawatir.

Kandungan nutrisinya akan cukup memenuhi kebutuhan Anda selama menjalani kehamilan, karena memiliki 800 mcg asam folat dan vitamin B12 yang sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan janin selama di dalam kandungan.


3. Folamil Genio

Ibu hamil tentu mengharapkan janin dalam kandungannya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, bukan sekadar fisik, tapi juga otaknya. Nah, suplemen ini selain mengandung asam folat, juga dilengkapi dengan DHA dan ARA yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak janin.

Produk ini juga mengandung vitamin B kompleks untuk menunjang perkembangan saraf janin, betakaroten yang membantu meningkatkan penglihatannya, serta kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang dan giginya.




4. Sundown Natural Folic Acid

Jika Moms ingin yang praktis, Anda bisa membeli produk ini. Di setiap kemasan botolnya terdapat 350 butir tablet suplemen, cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda selama hampir setahun. Dilengkapi juga dengan omega-3, suplemen ini juga bisa membantu perkembangan otak janin. Selain harga yang relatif murah, ukuran tabletnya juga tidak terlalu besar, sehingga Moms tidak akan mengalami kesulitan untuk menelannya.


5. Garden of Life Mykind Organics Prenatal Multi

Untuk ibu hamil yang sering mual dan susah menelan obat, produk ini bisa jadi pilihan yang cocok buat Anda, karena memiliki bentuk gummy yang kenyal dan lezat dengan rasa buah beri yang segar. Lebih dari itu, khasiatnya juga banyak dan terbukti dapat memenuhi segala kebutuhan vitamin semasa hamil. Produk ini terbuat dari bahan-bahan organik, sehingga aman untuk ibu hamil dan janin.


6. Nature’s Plus Folic Acid Heart

Suplemen ini menggunakan asam folat dalam bentuk methyltetrahydrofolate, yang merupakan hasil pecahan dari asam folat sehingga lebih mudah diserap tubuh. Produk ini mengandung asam folat yang dikombinasi dengan vitamin B6 dan B12 untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mengonsumsi suplemen ini akan berguna bagi tubuh untuk membantu membentuk sel darah merah sehingga mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan pencernaan, saraf, mulut, kulit serta mencegah kerontokan rambut.


7. Folavit

Ini adalah suplemen vitamin untuk ibu hamil dengan harga yang sangat terjangkau. Walaupun begitu, Folavit bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan Anda, bumil. Produk ini mengandung asam folat atau vitamin B9 yang mudah larut dalam air.

Formulasi utamanya berupa zat folat yang akan membantu dalam proses pembentukan sel-sel DNA untuk tumbuh kembang janin. Selain itu, asam folat juga akan membantu pembentukan sel darah merah, sehingga bumil bisa terhindar dari bahaya anemia.


(M&B/SW/Dok. Freepik, Bukalapak, Tokopedia, Mybest)



Tags: rekomendasi,   asam folat,   kehamilan,   ibu hamil,   janin










Cover Mei-Juni-Juli 2020