Mother&Baby Indonesia
Deretan Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Anak

Deretan Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Anak

Cara orang tua untuk menanamkan nilai-nilai agama pada anaknya saat ini sudah beragam. Salah satu cara yang paling mudah dan efektif mungkin dengan memberikannya tontonan berkualitas yang tentunya sarat akan makna dan pelajaran yang bisa dipetik oleh Si Kecil.

Sekarang ini sudah banyak film kartun bernuansa Islami yang menghadirkan kisah menarik dan mudah dipahami oleh Si Kecil. Animasi yang ditampilkan dalam film kartun tentu bisa menarik perhatian dan membuat anak Anda betah menontonnya. Nah, berikut ini deretan film kartun bernuansa Islami yang bisa ditonton Si Kecil, Moms.

1. Nussa

Film kartun ini bercerita tentang kehidupan Nussa, seorang anak laki-laki yang memiliki sifat keingintahuan yang tinggi tentang luar angkasa, yang bercita-cita menjadi astronot dan hafiz Al-Qur'an. Berbekal pengetahuan agama yang cukup luas, Nussa juga dijadikan role model oleh adik dan para sahabat. Meski terlahir dengan kaki yang tidak sempurna, Nussa tetap bersyukur atas apa pun yang diberikan Allah SWT. Lewat karakter Nussa, Si Kecil bisa belajar untuk tetap berbuat kebaikan dan semangat meraih cita-cita meski memiliki keterbatasan sekalipun.



2. Omar & Hana

Omar & Hana mengisahkan tentang dua saudara yang periang, memiliki rasa penasaran tinggi, dan saling menyayangi. Dari kisah dua saudara ini, Si Kecil bisa mempelajari nilai-nilai Islam, moral, dan keluarga melalui petualangan magis dan pengalaman menyenangkan dengan orang tua, guru, teman, tetangga, dan terkadang dengan tokoh Muslim terkenal lainnya. Selain itu, Si Kecil pasti akan terhibur oleh lagu-lagu islami yang ditampilkan pada film kartun ini.

3. Ali and Sumaya

Di produksi oleh studio Imanimation, Ali and Sumaya merupakan film kartun berbahasa Inggris yang mengisahkan kakak beradik yang belajar tentang agamanya. Lewat serial kartun ini, Si Kecil bisa belajar mengenal Allah SWT, belajar salat dan wudu, mengenal nama-nama baik Allah SWT, dan masih banyak lagi. Mengikuti tren saat ini, Ali and Sumaya juga menyajikan konten vlog yang memberikan informasi seputar islam maupun tips.

4. Syamil Dodo

Film kartun yang pernah meraih penghargaan sebagai tontonan anak berkualitas dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) ini menceritakan tentang dua orang sahabat yang memiliki karakter berbeda. Syamil digambarkan sebagai anak yang pintar, sabar, dan patuh. Sedangkan Dodo digambarkan sebagai sosok anak ceria dan jahil. Kartun ini memberikan pelajaran tentang Islam melalui kejadian sehari-hari dan mengajarkan bagaimana bersikap baik pada siapa pun, tak terkecuali dengan sesama teman.



5. Alif Alya

Film kartun ini bercerita tentang kisah Alif, Alya, dan teman-temannya yang banyak memberikan pelajaran tentang bagaimana berperilaku baik, dan juga edukasi mengenai Islam, seperti mengajarkan berpuasa, doa-doa harian, dan lain-lain. Tak hanya itu, serial kartun ini juga menampilkan banyak lagu anak-anak populer yang kini sudah jarang terdengar.

6. Upin & Ipin

Animasi asal Malaysia menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak Indonesia. Upin & Ipin mengisahkan kehidupan seorang anak laki-laki kembar yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya. Awalnya film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak agar lebih mengerti tentang Ramadan. Namun ternyata banyak pula nilai kehidupan, keberagaman dan nilai-nilai Islam yang bisa Si Kecil pelajari saat menonton seri kartun ini.

Deretan Film kartun bernuansa Islami tersebut sudah bisa ditonton dengan mudah lewat laman berbagi video YouTube, maupun di saluran televisi Anda di rumah. Wah, kira-kira Si Kecil tertarik yang mana nih, Moms? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Instagram @nussaofficial, @upinipinofficial, @omardanhanaindonesia, @aliandsumaya)



Tags: tontonan anak,   film kartun,   kartun islami,   anak,   balita