Mother&Baby Indonesia
Intip Tips Melakukan Virtual Photoshoot ala Selebgram

Intip Tips Melakukan Virtual Photoshoot ala Selebgram

Masa pandemi yang sudah berlangsung selama beberapa bulan ini memang membuat ruang gerak menjadi terbatas. Alhasil, banyak pekerjaan yang jadi terhambat untuk dilakukan, termasuk para fotografer yang kesulitan untuk melakukan sesi pemotretan.

Langkah-langkah Virtual Photoshoot

Nyatanya kondisi tersebut tidak membatasi fotografer untuk tetap berkarya dengan melakukan virtual photoshoot. Istilah yang sedang populer ini pada dasarnya hanya sesi pengambilan foto dengan model, namun menggunakan video call sebagai media untuk bertatap muka.

Jadi, sang model akan berpose menggunakan properti sederhana dan bergaya di depan layar gadget (smartphone atau laptop). Lalu, fotografer akan mulai mengambil gambar dan menambahkan properti miliknya jika perlu hingga menghasilkan gambar yang diinginkan.



Setelah itu, fotografer akan mengedit foto supaya lebih apik dan menjadi indah, layaknya foto yang diunggah oleh selebgram, seperti Alice Norin atau Dian Sastro. Tapi sebelum melakukan virtual photoshoot, Moms perlu mengetahui beberapa hal berikut ini dahulu, ya.

1. Menentukan waktu foto

Karena berada di beda lokasi, maka pencahayaan pun menjadi hal yang cukup perlu diperhatikan. Moms dan fotografer harus membahas hal ini, baik dari lokasi pemotretan hingga cahaya natural yang diperlukan agar hasil foto lebih maksimal. Tidak ada patokan khusus untuk penentuan waktu ini, karena setiap lokasi akan menghasilkan cahaya yang berbeda pula.

2. Siapkan properti

Hal berikutnya yang perlu disiapkan adalah properti atau benda yang akan memperindah foto. Diskusikan dengan fotografer untuk tema foto, sehingga Moms tahu apa saja yang dibutuhkan. Hal ini termasuk pakaian, makeup, dan properti sederhana yang bisa membuat hasil foto lebih optimal.

3. Koneksi internet

Koneksi internet di lokasi Anda maupun fotografer pun menjadi hal yang tak kalah penting. Ini akan membantu tampilan Anda saat melakukan video call tetap jernih dan dapat menghasilkan foto yang ‘bersih’. Karenanya, dibutuhkan koneksi jaringan internet yang tak hanya cepat, tapi juga stabil selama pemotretan berlangsung.

Rekomendasi Jasa Virtual Photoshoot

Sebenarnya, ada banyak fotografer yang melakukan virtual photoshoot selama beraktivitas di rumah saja. Moms juga bisa melakukannya bersama Si Kecil dengan jasa fotografer dengan biaya terjangkau namun hasil memukau, dan berikut rekomendasinya untuk Anda.

Hary Subastian

Hary Subastian menjadi salah satu fotografer profesional yang sering berfokus pada model, dan juga menu makanan cantik. Beragam karyanya bisa Moms liat di akun instagram pribadinya.

Aldo Sinarta



Fotografer Aldo Sinarta juga melakukan virtual photoshoot dengan beberapa public figure, terutama selama beraktivitas di rumah saja. Anda pun bisa meminta bantuan jasanya untuk dapat menghasilkan foto bersama keluarga melalui media internet.

Frame A Trip

Jasa fotografi satu ini juga dapat membantu Moms memiliki foto terbaik dengan Si Kecil melalui virtual photoshot. Ragam konsep yang telah dilakukan pun beragam, bersama dengan beberapa keluarga artis Indonesia yang bisa dilihat pada akunnya.

Bukaan Moment

Moms mungkin cukup familiar dengan jasa fotografi ini. Jika Anda yang sedang hamil juga ingin memiliki foto maternity melalui virtual photoshoot, jangan ragu meminta bantuan tim dari Bukaan Moment, ya.

(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Instagram @harysubastian, @aldosinarta, @frameatrip, @bukaan.moment)



Tags: virtual photoshoot,   jasa fotografi,   fotografer