Mother&Baby Indonesia
Mata Bengkak saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata Bengkak saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perubahan yang dialami ibu hamil memang beragam, mulai dari mood swing hingga terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Salah satu yang ikut membengkak adalah bagian mata yang bisa menimbulkan rasa tak nyaman, terutama karena dapat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari.

Penyebab Mata Bengkak

Kondisi mata yang bengkak saat hamil bisa terjadi karena adanya penumpukan cairan di jaringan ikat sekitar mata. Saat bangun tidur, Anda dapat merasa kelopak mata membengkak. Keluhan ini pun semakin sering terjadi saat masuki trimester kedua dan ketiga usia kehamilan. Faktor penyebabnya beragam, seperti:

• Perubahan hormon yang pasti terjadi saat hamil.



• Peningkatan jumlah darah dan cairan tubuh.

• Kurang tidur karena kelelahan atau sering terbangun di malam hari.

• Terlalu banyak konsumsi kafein atau garam.

Cara Mengatasi Mata Bengkak


Keluhan mata bengkak sebenarnya normal terjadi pada ibu hamil, dan akan mereda setelah menjalani proses persalinan. Selama kondisinya masih tergolong ringan, Anda masih bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan beberapa cara mudah, di antaranya:



1. Kompres Mata

Mengompres mata menjadi salah satu cara mujarab untuk mengatasi mata bengkak, khususnya pada ibu hamil. Pertama, Anda bisa siapkan kompres dingin, yang berguna untuk mempersempit pembuluh darah. Hal ini akan mengurangi penumpukan cairan di sekitar jaringan mata dan bengkak pun akan mereda.

Caranya, ambil satu balok kecil es batu, lalu bungkus dengan kapas atau kain bersih dan rendam lagi dalam wadah berisi air dingin. Peras air, lalu letakkan di area mata dan diamkan selama 10-15 menit. Moms bisa lakukan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Selain kompres dingin, Anda juga bisa atasi mata bengkak dengan irisan timun yang sudah didinginkan sebelumnya. Kompres mata dengan timun selama 15 menit sambil berbaring dan rasakan sensasi segar pada kulit dan mata Anda.

2. Ubah Pola Makan

Ternyata, makanan yang dikonsumsi selama hamil juga bisa meningkatkan risiko pembengkakan, terutama di area mata. Maka, atasi hal ini dengan memperbanyak asupan nutrisi serta mengurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi, karena hal ini bisa menyebabkan cairan tubuh menumpuk.

3. Ubah Posisi Tidur

Saat tidur, Moms bisa tambahkan bantal untuk membuat leher lebih tinggi dan mencegah penumpukan cairan pada bagian mata. Posisikan tubuh menghadap ke kiri untuk memperlancar sirkulasi darah dan tidur juga jadi lebih nyenyak.

Untuk menyamarkan mata bengkak, Moms bisa menggunakan makeup di area mata dengan warna yang senada dengan kulit. Namun, Moms harus waspada jika ada keluhan lain, seperti timbul rasa nyeri, mata merah dan berair, pusing, hingga penglihatan terganggu. Jika ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan medis yang tepat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   mata bengkak,   kesehatan