Mother&Baby Indonesia
Ini Jenis Teh yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Ini Jenis Teh yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Moms, apa saja hal yang Anda rasakan selama menjalani kehamilan? Selain perasaan bahagia akan kehadiran bayi dalam kehidupan, Anda mungkin juga mengalami banyak perubahan pada tubuh, seperti mual, muntah, dan rasa tak nyaman lainnya yang selalu timbul.

Untuk meminimalisir kondisi kurang menyenangkan ini, Moms bisa mengonsumsi buah segar atau minuman hangat seperti teh. Meski terdapat kafein, jika Anda meminum jenis teh yang tepat dan dengan takaran yang pas, maka Anda bisa merasa lebih rileks dan menjadi nyaman selama menjalani masa kehamilan. Mau tahu jenis teh yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Lihat penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Teh Hijau

Jenis teh pertama yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah teh hijau. Di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu penyerapan asam folat dan zat besi yang diperlukan untuk kesehatan janin. Agar tetap aman, Moms hanya bisa minum 1-2 cangkir teh hijau, khususnya di trimester pertama kehamilan.



2. Teh Hitam

Teh hitam menjadi jenis lain yang baik dikonsumsi ibu hamil, karena teh hitam bisa menjadi sumber magnesium, kalium, kalsium, fosfor, hingga vitamin C. Kandungan ini dapat membantu tumbuh kembang janin, seperti sistem pembentukan tulang dan memperkuat jantung. Kadar kafeinnya yang cukup rendah membuat teh hitam aman diminum bumil, karena tidak terlalu pekat, dan berguna untuk mengurangi rasa mual.

3. Teh Putih

Ada juga teh putih yang bisa Moms konsumsi saat hamil, dengan kandungan kafein yang tak terlalu tinggi. Teh putih juga kaya akan kalsium dan fluoride yang mengurangi risiko karies gigi. Tak hanya rasa lelah yang berkurang, bumil juga bisa merasakan manfaat lainnya, seperti melindungi kulit dari sinar UV, menurunkan risiko gangguan jantung, dan mencegah infeksi.




4. Teh Jahe

Rasa mual dan sering muntah atau morning sickness yang Moms alami saat hamil bisa berkurang dengan meminum teh jahe. Teh herbal satu ini juga dapat meredakan sakit kepala, memperlancar sistem pencernaan, dan memperbaiki suasana hati Anda. Agar tetap aman, bumil bisa mengonsumsi teh jahe 2 gelas per hari, ya.

5. Teh Peppermint

Aroma yang memenangkan dari teh peppermint menjadikannya salah satu jenis teh yang bisa bumil konsumsi, maksimal satu atau dua kali dalam seminggu. Dengan meminum teh peppermint, gejala morning sickness seperti mual, mulas, hingga perubahan suasana hati Moms bisa teratasi dengan baik.

6. Teh Chamomile

Teh herbal yang juga aman dikonsumsi saat hamol adalah teh chamomile, yang berkhasiat untuk melawan insomnia. Bagi Moms yang mengalami susah tidur selama kehamilan, meminum secangkir teh chamomile bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   kesehatan,   teh