Mother&Baby Indonesia
Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Moms, ketika Anda hamil, khususnya saat usia kehamilan mulai memasuki akhir trimester kedua, Anda mungkin akan mulai mengalami keluhan berupa kaki yang membengkak. Sekitar 75% wanita hamil mengalami keluhan ini, dengan bermacam tingkat, dari yang ringan hingga yang berat.

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Penyebab kaki bengkak saat hamil atau edema terjadi ketika cairan tubuh meningkat, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel. Kaki yang membengkak ketika hamil disebabkan karena tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak selama masa kehamilan.

Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki Anda, Moms. Perubahan hormon juga dapat berperan dalam menyebabkan kaki menjadi bengkak saat hamil.



Bengkaknya kaki juga dapat dipengaruhi oleh meningkatnya aliran darah dan tekanan rahim yang tumbuh di pembuluh darah pelvis dan vena cava. Pembengkakan ringan yang hanya terjadi di kaki dapat membaik dengan istirahat, sehingga tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini juga masih dianggap normal, Moms.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, Moms dapat mempraktikkan gerakan dan kebiasaan seperti berikut ini.

• Biasakanlah tidur dengan posisi miring ke kiri.

• Saat tidur atau berbaring, angkat kaki Anda ke atas.

• Ketika sedang duduk, lakukanlah gerakan-gerakan berikut ini:   

  1. Gerakkan kaki Anda ke atas dan ke bawah sebanyak 30 kali.



  2. Putar pergelangan kaki Anda 8 kali ke arah kanan dan sebaliknya.

  3. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian pada kedua kaki.

• Kompres bagian yang bengkak dengan sesuatu yang dingin. Anda bisa menggunakan daun kol untuk membungkus kaki yang bengkak hingga kaki terasa lembap. Ulangi dan ganti daun kol secara berkala hingga rasa sakit berkurang. Daun kol bermanfaat untuk membantu ekskresi atau mengurangi cairan berlebih pada kaki yang bengkak.

• Mintalah pasangan anda untuk memijat kaki Anda dengan lembut. Arahkan ia untuk memijat dari pergelangan menuju tempurung kaki Anda menggunakan kedua tangannya. Anda bisa menggunakan minyak atau losion untuk membuat kaki terasa nyaman.

Untuk lebih jelasnya, Moms juga dapat mengikuti gerakan dalam video YouTube Mother&Baby Indonesia berikut ini untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Selamat mencoba Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)




Tags: hamil,   kehamilan,   kaki bengkak,   ibu hamil,   gangguan kehamilan