Mother&Baby Indonesia
5 Keluhan Ibu Hamil pada Trimester 2 dan Penanganannya

5 Keluhan Ibu Hamil pada Trimester 2 dan Penanganannya

Setelah merasakan banyaknya keluhan saat baru memasuki kehamilan trimester pertama, para ibu hamil bisa sedikit lebih merasa santai saat menjalani kehamilan di trimester kedua. Meski demikian, hal ini bukan berarti Moms tidak mengalami keluhan sama sekali pada kehamilan di usia 14-26 minggu ini.

Setelah beberapa keluhan kehamilan di trimester pertama seperti mual muntah dan nyeri payudara mereda saat memasuki trimester kedua kehamilan, akan muncul keluhan-keluhan kehamilan lainnya yang mungkin Moms akan rasakan di trimester kedua ini.

Simak penjelasan dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah, tentang berbagai keluhan yang mungkin Moms rasakan saat trimester kedua kehamilan dan cara penanganannya berikut ini.



1. Nyeri pada ulu hati dan sendawa

Selama hamil, motilitas atau gerakan pada usus dan pengosongan lambung menjadi menurun, yang awalnya 4 jam sekali, menjadi 5-6 jam sekali. Bila asam lambung meningkat lalu katup esofagus terbuka, maka dapat terjadi refluks pada asam lambung yang menyebabkan nyeri dan sering sendawa.

Cara mengatasinya: Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan makan dengan porsi kecil namun sering ya, Moms.

2. Nyeri pada pinggang

Nyeri pinggang merupakan kondisi yang sangat wajar terjadi pada kehamilan. Perubahan bentuk rahim saat hamil dan tekanan pada sendi tulang dan saraf dapat menyebabkan nyeri pada daerah pinggang Anda. 

Cara mengatasinya: Olahraga atau stretching untuk membuat otot dan tulang lebih fleksibel serta mengurangi rasa sakit pada pinggang. Moms juga bisa mengikuti senam atau yoga hamil.

3. Nyeri pergelangan tangan

Kenaikan berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan penyempitan pada tunnel di tangan sehingga menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan atau terasa kebas.



Cara mengatasinya: Mengontrol kenaikan berat badan saat hamil, minum setidaknya sebanyak 2.5 liter per hari untuk menghindari dehidrasi, dan tingkatkan asupan kalsium.

4. Pregnancy glow dan jerawatan

Meningkatnya peredaran darah dalam tubuh yang terjadi selama hamil membuat kulit terkesan glowing dan fresh. Namun hal ini juga bisa menyebabkan kulit wajah jadi lebih berminyak sehingga menimbulkan jerawat.

Cara mengatasinya: Sering-seringlah membasuh wajah dengan air mengalir untuk menurunkan kadar minyak pada wajah Anda, Moms.

5. Kram pada kaki

Keluhan kehamilan satu ini biasanya disebabkan oleh aktivitas berlebihan disertai dehidrasi. Misalnya saat melakukan olahraga yang lama sementara kita kurang minum maka asam laktat akan meningkat di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kram pada otot-otot tubuh, tak terkecuali pada otot kaki.

Cara mengatasinya: Stretching sebelum tidur dan pagi hari, minum setidaknya sebanyak 2.5 liter per hari untuk menghindari dehidrasi, dan tingkatkan asupan kalsium. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   gangguan kehamilan,   trimester 2