Mother&Baby Indonesia
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Trimester 1

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Trimester 1

Trimester satu adalah masa dimulainya kehidupan Si Kecil di dalam perut Anda. Karena itu, berbagai nutrisi yang Anda berikan untuknya berperan penting guna mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Salah satu cara mudah untuk membantu memenuhi nutrisi harian Anda adalah dengan mengonsumsi aneka buah-buahan. Tidak hanya sehat, buah-buahan juga membantu meredakan morning sickness yang umum terjadi di trimester awal lho, Moms.

Mau tahu, apa saja sih buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil trimester satu? Yuk, ketahui daftarnya berikut ini!



Jeruk

Jika mual dan muntah (atau biasa disebut morning sickness) menjadi keluhan kehamilan Anda di trimester satu, maka buah-buahan segar seperti jeruk bisa membantu meredakannya, Moms. Buah jeruk juga mengandung banyak air, sehingga baik untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat yang sangat penting untuk mencegah bayi lahir dengan neural tube defects.

Mangga

Tak hanya enak, buah mangga juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Sekitar satu cangkir mangga segar mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil. Buah ini juga kaya akan serat yang melancarkan pencernaan Anda, sehingga risiko konstipasi atau susah BAB pun akan menurun.

Alpukat

Moms harus tahu kalau alpukat memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya. Alpukat juga sumber vitamin C, B, K, serat, magnesium, dan potasium. Semua itu penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Sedangkan kandungan magnesium dan potasium dalam alpukat diyakini dapat meredakan berbagai keluhan kehamilan, seperti mual muntah dan kaki kram.

Pisang

Mungkin ini jenis buah yang paling mudah didapat dan banyak penggemarnya ya, Moms. Selain sumber potasium yang sangat baik, pisang juga kaya B6, C, dan serat. Perlu Moms ketahui, sebuah penelitian menjelaskan bahwa makanan tinggi B6 seperti pisang sangat efektif untuk membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan, lho.

Apel

Mengutip Healthline Parenthood, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Thorax menguak fakta bahwa anak-anak yang ibunya sering makan apel saat hamil, maka risiko mereka mengalami asma dan alergi lebih rendah dibanding anak lain.



Tips Mengonsumsi Buah saat Hamil

• Usahakan beli buah organik agar lebih aman dari pestisida.

• Cuci bersih buah sebelum dikonsumsi.

• Buang bagian buah yang mulai tak segar, karena mungkin sudah mengandung bakteri.

• Hindari mengonsumsi buah yang sudah dipotong saat Anda beli, karena risiko terpapar bakteri lebih tinggi.

• Utamakan makan buah yang segar dan Anda potong sendiri di rumah.

• Sebaiknya hanya minum jus buah yang sudah dipasteurisasi atau buahnya sudah direbus.

• Ketika menyimpan buah segar di kulkas, pisahkan dari daging mentah.

• Ingat, makan buah non-organik tetap lebih baik daripada tidak mengonsumsi buah sama sekali. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   kehamilan,   trimester 1,   nutrisi,   kesehatan,   janin,   kandungan,   ibu hamil