Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Minum Dalgona Coffee?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Dalgona Coffee?

Selama #DiRumahAja atau work from home, Moms pasti pernah melihat video dalgona coffee yang sedang ngetren banget. Minuman ini memang terlihat sangat menggoda ya, Moms? Terlebih, bahan-bahannya sangat sederhana dan terlihat mudah dibuat. Pantas saja kalau popularitas dalgona coffee langsung meroket!

Namun bagi Anda yang sedang hamil, boleh enggak sih minum dalgona coffee ini? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini, Moms.

Apa sih, Dalgona Coffee?




Ini adalah teknik mengolah minuman dengan bahan dasar kopi instan, gula pasir, dan air hangat. Cara membuatnya sederhana, tetapi memang cukup menantang. Pertama, tuang semua bahan ke dalam wadah, kemudian aduk menggunakan whisk atau alat pengocok.

Banyak yang bilang, dalgona coffee harus dikocok hingga 400 kali, dan sesekali whisk harus diangkat untuk memberi volume pada dalgona hingga membentuk busa lembut. Namun bagi yang tak mau repot, penggunaan mixer bisa menjadi solusi praktis antigagal.

Setelah foam kopi berwarna cokelat muda terbentuk, Anda bisa menggunakan sendok untuk memindahkannya ke atas susu segar yang sudah ditambahkan es batu. Wah, terbayang nikmatnya perpaduan foam kopi dan susu segar dingin kan, Moms?

Amankah Dikonsumsi saat Hamil?


Walaupun Moms hanya membutuhkan 1 sendok makan kopi instan untuk membuat dalgona coffee, namun harus diingat kalau banyak pakar yang menyarankan untuk membatasi konsumsi kopi saat hamil. Menurut American Pregnancy Associatin (APA), kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dan dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Maka APA tidak merekomendasikan konsumsi kopi saat hamil.



Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan frekuensi Anda berkemih atau buang air kecil. Kalau asupan air Anda tidak imbang dengan frekuensi berkemih, maka tubuh bisa mengalami dehidrasi. Ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam perut, ya.

Waspada Gula Berlebih!


Ingat, gula juga menjadi bahan utama dalam pembuatan dalgona coffee. Jika ibu hamil mengonsumsi terlalu banyak gula dalam sehari, tentu kelebihan gula bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Maka jika bumil sedang ngidam makanan manis, lebih disarankan untuk mengonsumsi gula dari pemanis alami, seperti rasa manis dari buah-buahan favorit Anda.

Namun bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali lho, Moms. Mengutip Mom Junction, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi gula tidak lebih dari 25 gram (sekitar 2 sendok makan) dalam sehari. Ingat, satu porsi dalgona coffee membutuhkan 1 sendok makan gula lho, Moms.

Intinya, mengonsumsi dalgona coffee sebenarnya tidak dilarang saat hamil, namun para bumil harus lebih bijak dalam mengonsumsi kafein, gula, dan produk susu dalam diet seimbang harian Anda, ya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: dalgona coffee,   kopi,   kafein,   kehamilan,   kandungan,   ibu hamil