Mother&Baby Indonesia
Insomnia saat Hamil Muda, Normalkah Terjadi?

Insomnia saat Hamil Muda, Normalkah Terjadi?

Awal kehamilan memang cukup menantang ya, Moms, karena berbagai keluhan kehamilan kerap terjadi di trimester awal ini. Banyak ibu hamil yang mengeluhkan morning sickness, dan banyak juga ibu hamil yang mengalami insomnia saat hamil muda, lho. Normalkah insomnia terjadi saat hamil muda? Bagaimana mengatasinya? Yuk, ketahui jawabannya.

Apa Itu Insomnia?


Menurut National Sleep Foundation, insomnia adalah kesulitan untuk tidur atau bertahan tidur, bahkan ketika orang tersebut memiliki kesempatan untuk tidur dengan baik. Kurang tidur atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik bisa menyebabkan seseorang merasa lemah, kurang energi, sulit konsentrasi, gangguan mood, dan berkurangnya performa di tempat kerja (atau di sekolah, jika insomnia terjadi pada anak).



Normalkah Bumil Insomnia?

Trimester satu cukup erat dengan berbagai gangguan kehamilan, sebut saja pusing, mual, dan sering muntah. Walau sering disebut morning sickness, nyatanya gangguan kehamilan ini bisa terjadi sepanjang hari, lho!

Nah, rasa tidak nyaman inilah yang mungkin membuat Anda sulit tidur saat hamil muda. Ini sangat normal terjadi pada ibu hamil, terutama pada mereka yang belum pernah hamil sebelumnya. Mengutip Healthline, berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan ibu hamil muda insomnia:

 • Sering buang air kecil

 • Mual dan muntah

 • Nyeri punggung

 • Payudara nyeri

 • Perut tidak nyaman

 • Kaki kram

 • Sulit bernapas

 • Heartburn



 • Mimpi buruk

 • Stres

 • Cemas berlebih karena kehamilan

Tips Mengatasi Insomnia saat Hamil

Mengatasi insomnia saat hamil bisa dibilang cukup menantang, karena Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya, baru kemudian mengatasi penyebab insomnia tersebut. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda mengatasi insomnia saat hamil, dan membuat bumil mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

1. Cukup minum. Penuhi kebutuhan cairan harian Anda, namun mulai kurangi jumlah minum menjelang waktu tidur atau di atas jam 7 malam.

2. Makan malam. Nikmati makan malam sehat dengan menerapkan metode slow frequent feeding atau makan porsi kecil tapi sering. Makan malam mengurangi risiko bumil mengalami heartburn, tetapi jangan langsung tidur atau rebahan setelah makan ya, Moms.

3. Rutin olahraga. Menjaga tubuh tetap aktif sepanjang hari bisa membantu Anda istirahat lebih baik di malam hari. Nah, olahraga ringan adalah cara baik untuk menghabiskan energi ibu hamil. Hindari olahraga berkelompok yang banyak kontak fisik dengan tim dan lawan, karena berisiko menghantam kandungan Anda.

4. Area tidur yang nyaman. Atur kamar tidur senyaman mungkin, terutama di bagian pencahayaan. Hindari tidur sambil menonton TV karena cahayanya bisa mengganggu kenyamanan tidur.

5. Mantra ajaib. Ketika bumil insomnia, coba katakan pada tubuh Anda untuk jangan mengantuk dan tetap terjaga. Mantra seperti ini umumnya justru akan membuat mata jadi mengantuk.

6. Atur waktu tidur. Jika tidur malam Anda sangat singkat, coba penuhi kebutuhan tidur harian di siang hari.

7. Atasi keluhan kehamilan. Jika insomnia dan keluhan kehamilan sudah semakin mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: insomnia,   tidur,   kehamilan,   kesehatan,   ibu hamil,   trimester satu