Mother&Baby Indonesia
Amankah Kunyit untuk Ibu Hamil?

Amankah Kunyit untuk Ibu Hamil?

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan orang Asia sebagai pewarna makanan dan bumbu pada masakan. Bahan makanan yang menghasilkan warna kuning alami ini kaya antioksidan dan memiliki banyak manfaat yang terbukti secara ilmiah. Melansir laman Parents, kunyit dapat membantu meredakan nyeri sendi, masalah pencernaan, kelelahan, kolesterol, sakit kepala, pilek, kanker, diabetes, depresi, dan lain-lain.

Manfaat kunyit untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, kunyit juga memiliki segudang manfaat. Menurut ahli gizi Lizzy Swick, MS, RDN, kandungan kurkumin pada kunyit telah terbukti dapat meringankan pembengkakan dan peradangan pada wanita hamil, serta dapat meredakan nyeri sendi dan nyeri punggung. Manfaat lainnya dari kunyit antara lain adalah:

1. Baik untuk saluran pencernaan dan dapat mencegah sembelit.



2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu melawan pilek atau alergi selama kehamilan.

3. Menyeimbangkan gula darah dan membantu menangkal depresi.

Apakah kunyit aman dikonsumsi ibu hamil?

Di balik banyaknya manfaat kunyit tersebut, mungkin Moms masih bertanya-tanya apakah sebenarnya kunyit aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Menurut Ilene Cohen, RDN, pemilik PranaSpirit Nutrition & Wellness di Amerika Serikat, kunyit aman untuk ibu hamil selama dikonsumsi dan digunakan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan saat dijadikan tambahan bumbu pada makanan. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin pada kunyit yang berbentuk bubuk, yang mungkin Anda gunakan saat memasak tidak terlalu tinggi, sehingga tidak diserap dengan baik melalui aliran darah.



Apa yang membuat kunyit jadi tidak aman dikonsumsi ibu hamil?

Cohen mengatakan, kunyit menjadi tidak aman bagi ibu hamil bila dikonsumsi sebagai obat pada masa kehamilan. Risiko komplikasi pada kehamilan akan meningkat bila Moms mengonsumsi suplemen dan kapsul yang mengandung jumlah kurkumin yang tinggi.

Selain itu, perlu Moms ketahui dan waspadai bahwa kandungan kurkumin pada kunyit juga ternyata dapat berdampak negatif, seperti meningkatkan periode menstruasi atau merangsang kontraksi uterus, yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran.

Bagaimana cara aman mengonsumsi kunyit saat hamil?

Bagi Moms yang ingin mengonsumsi kunyit saat hamil, sebaiknya Anda menjadikan kunyit sebagai penambah warna dan rasa pada makanan Anda. Menurut Rachelle LaCroix Mallik, MA, RD, LDN, pemilik The Food Therapist, LLC, sebaiknya Moms mengonsumsi kunyit dalam bentuk bubuk kunyit kering yang bisa Anda tambahkan pada makanan yang Anda buat.

Cara aman lainnya, menurut Swick, Moms bisa mencampurkan kunyit dengan susu yang kemudian dikenal dengan golden milk alias susu kunyit, yang dapat membantu Anda rileks sebelum tidur dan meredakan masalah pencernaan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi susu kunyit ini dalam jumlah sedikit ya, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kunyit,   ibu hamil,   kehamilan