Mother&Baby Indonesia
Bahayakah Fluoride pada Pasta Gigi untuk Ibu Hamil?

Bahayakah Fluoride pada Pasta Gigi untuk Ibu Hamil?

Menyikat gigi merupakan suatu rutinitas wajib yang dilakukan setiap hari, setidaknya dua kali sehari. Namun, belum lama ini tersiar kabar bahwa kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat memberikan dampak kurang baik bagi ibu hamil. Benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel ini di bawah ini ya, Moms!

Apa itu flouride?


(Pasta gigi. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)

Fluoride merupakan salah satu senyawa kimia yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi. Fluoride pada pasta gigi bermanfaat untuk memperkuat gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan menghilangkan bakteri-bakteri yang mungkin menempel pada gigi.

Bahayakah fluoride pada pasta gigi untuk ibu hamil?


(Pasta gigi. Foto: Dok. Freepik) 

Dikutip dari Today Parents, dampak fluoride di pasta gigi terhadap ibu hamil telah dilakukan penelitian yang dipimpin oleh para peneliti dari York University di Toronto, Kanada, terhadap sejumlah ibu hamil di enam kota di Kanada. Seperti yang dilaporkan tim dalam jurnal JAMA Pediatrics, dalam sampel yang diteliti, 40 persen tergolong ke dalam kelompok fluoride dan 60 persen tergolong ke dalam kelompok non-fluoride.



Ketika mereka menguji sampel urine wanita di kelompok fluoride, tampak bahwa kadar fluoride yang lebih tinggi menyebabkan IQ lebih rendah pada anak-anak ketika mereka mencapai usia 3 hingga 4 tahun. Sistem penilaian IQ dalam penelitian ini menggunakan serangkaian tes yang sesuai dengan usia untuk menilai pemahaman bahasa dan kemampuan konseptual lainnya, yang bertujuan untuk mengukur kecerdasan secara keseluruhan.

Meskipun demikian, penelitian mengungkapkan bahwa IQ rendah pada anak tidak sepenuhnya disebabkan oleh paparan pasta gigi ber-fluoride, melainkan bisa juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti keturunan, gaya hidup dan lingkungan.



Tak hanya itu, sebuah studi juga menunjukkan jika ibu hamil terpapar kandungan fluoride tinggi, maka tanda fluorosis tulang akan sangat mungkin terlihat jelas pada masa tumbuh kembang Si Kecil. Sebuah studi lain melaporkan bahwa tidak masalah jika ibu hamil menggunakan pasta gigi ber-fluoride asalkan tidak melebihi 5 mg/kg berat badan, sehingga tidak berdampak buruk untuk kehamilan.

Penjelasan sederhananya, fluoride sebenarnya aman untuk digunakan selama masa kehamilan asalkan tidak lebih dari 10 mg per hari. Sebagaimana diketahui, kandungan fluoride pada pasti gigi dapat membantu mengurangi kerusakan gigi dan menguatkan enamel gigi.

Dengan demikian, wanita hamil tidak perlu khawatir bahwa mereka harus menghindari sepenuhnya produk pasta gigi ber-fluoride. Pastikan Anda meludahkan pasta gigi setelah menyikat gigi dan proses kumur-kumur. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms! (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Phduet/Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   pasta gigi,   fluoride