Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Minum Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

Cara Tepat Minum Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

Selain menyehatkan tubuh dan memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh, rajin minum air putih juga disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Society for Nutrition di tahun 2013 pun telah membuktikan bahwa minum air putih lebih banyak dapat membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, baik bagi Anda untuk terus meningkatkan kebiasaan minum air putih. Setidaknya minumlah air putih sebanyak 2 liter sehari. Dan apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, ikuti cara minum air putih yang benar berikut ini!

Minumlah 2 Gelas Air Putih saat Bangun Tidur




Ketika bangun tidur di pagi hari, Moms dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak dua gelas. Hal ini dilakukan karena pada saat tubuh sedang istirahat, maka terjadi proses regenerasi sel-sel tubuh dan berakhir pada pembuangan racun dalam tubuh.

Proses pelepasan racun tersebut membutuhkan banyak energi, sehingga tubuh sangat memerlukan cukup banyak cairan guna menghindari terjadinya dehidrasi. Untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut, maka minumlah setidaknya dua gelas air putih ketika bangun tidur, Moms!

Minum Air Putih Sebelum Makan


Moms, biasakan selalu minum air putih sesaat sebelum Anda menyantap makanan. Selain membantu menyiapkan organ pencernaan, mengonsumsi segelas air 30 menit sebelum makan berfungsi untuk membantu pencernaan agar lebih baik.



Selain itu, konsumsi air putih sesaat sebelum makan juga membantu menahan nafsu makan sehingga mengurangi risiko Anda untuk makan berlebihan. Namun, apabila Anda minum air putih saat mengonsumsi makanan, hal ini justru dapat berakibat buruk dan cairan pencernaan menjadi kurang efektif. Maka, berikan jeda kurang lebih 30 menit agar nutrisi dapat terserap tubuh dengan baik.

Minum Air Putih Sebelum Tidur Malam


Ketika hendak beristirahat setelah seharian beraktivitas, minumlah air putih setidaknya 1-2 jam sebelum tidur malam. Minumlah 2 gelas air putih untuk memulihkan energi yang hilang selama beraktivitas seharian. Selain itu, minum air putih juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh Anda.

Air Dingin Lebih Baik


Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan mungkin akan lebih besar ketika Anda minum air dingin. Mengapa? Tubuh akan membakar kalori lebih banyak saat Anda minum air dingin. Karena tubuh membutuhkan energi tersebut untuk menghangatkan air dingin sampai mencapai suhu tubuh agar bisa diproses oleh tubuh. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2006 yang menemukan bahwa terjadi peningkatan resting energy expenditure sebesar 25% setelah minum air dingin. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: air putih,   diet,   nutrisi