Mother&Baby Indonesia
Nutrisi yang Tetap Harus dipenuhi saat Melakukan Diet

Nutrisi yang Tetap Harus dipenuhi saat Melakukan Diet

Selain dengan berolahraga, mungkin diet menjadi cara lainnya yang biasa Anda pilih untuk menurunkan berat badan. Namun saat melakukan diet, tak jarang Moms malah lupa untuk memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh Anda. Apalagi bila diet yang dijalani tersebut dilakukan asal-asalan.

Sebenarnya diet bukan berarti Anda harus mengurangi jumlah kalori yang banyak dan sangat membatasi asupan makan Anda. Tetapi, justru Moms tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi penting saat diet. Nah, apa saja sih nutrisi penting yang tetap harus Moms penuhi meskipun sedang diet?

1. Karbohidrat

Meski sedang diet, tubuh Anda tetap memerlukan karbohidrat, Moms. Seperti yang sudah Anda ketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Melansir laman Hello Sehat, bila karbohidrat tidak ada di dalam tubuh Anda, maka tubuh akan mengambil energi dari cadangan lemak dan protein. Hal ini akhirnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan.



Agar terhindar dari masalah kesehatan serta kebutuhan nutrisi saat diet tetap terpenuhi, Moms bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat yang bersumber dari sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan kacang-kacangan.

2. Protein

Protein ternyata dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan lho, Moms. Melansir laman Alodokter, berdasarkan sebuah studi di Harvard, mengonsumsi satu porsi penganan kaya protein seperti kacang polong, buncis, atau lentil bisa membuat Anda kenyang. Berat badan pun bisa lebih mudah dikendalikan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein saat diet, Moms disarankan mengonsumsi protein yang bersumber dari kacang-kacangan, polong-polongan. biji-bijian, telur, susu rendah lemak, kedelai, makanan laut, dan daging tanpa lemak.



3. Kalsium

Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain dapat mencegah osteoporosis, kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu mengatur tekanan darah, dan memperkuat otot. Selain memenuhi kebutuhan kalsium yang bersumber dari susu, keju, saat diet Moms juga bisa menonsumsi yoghurt, sayuran hijau (seperti bayam, kale, dan brokoli), kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

4. Zat Besi

Bagi wanita, zat besi merupakan nutrisi yang penting. Zat besi berfungsi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke semua sel di seluruh tubuh. Bila oksigen dalam tubuh tidak cukup, Moms bisa merasa lelah dan lemas sehingga membuat Anda malas untuk melakukan berbagai aktivitas dan malah membuat berat badan Anda meningkat. Saat diet, penuhi kebutuhan zat besi yang bersumber dari ayam, ikan, daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

5. Asam Folat

Selain zat besi, asam folat juga merupakan nutrisi yang sangat penting bagi wanita karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dengan tercukupinya kebutuhan asam folat, Moms juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit anemia jenis tertentu. Tetap penuhi kebutuhan asam folat saat diet yang bersumber dari dari sayuran hijau, jeruk, buah berry, dan kacang-kacangan.

6. Serat

American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan diet dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Hal ini dikarenakan mengonsumsi lebih banyak serat cenderung mampu menurunkan berat badan hampir sebanyak yang dihasilkan oleh diet rendah lemak ramah jantung. Penuhi kebutuhan serat selama diet dengan mengonsumsi nasi merah, oatmeal, apel, buah pir, alpukat, brokoli, jagung, kacang merah, alpukat, kacang edamame, dan gandum utuh. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: diet,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020