Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Habbatussauda untuk Kesuburan Anda

7 Manfaat Habbatussauda untuk Kesuburan Anda

Tanaman habbatussauda atau jintan hitam yang memiliki nama ilmiah Nigella sativa merupakan sejenis tanaman rempah yang berasal dari Asia barat daya, Mediterania, dan Afrika dan kemudian tumbuh serta menyebar ke berbagai negara.

Jenis tanaman ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat. Habbatussauda sendiri adalah sejenis rempah berupa biji-bijian berwarna hitam sehingga orang Arab menamakannya habbatussauda yang berarti biji hitam yang mengandung berbagai zat yang diperlukan tubuh.

Menurut penelitian, habbatussauda mengandung tiga bahan kimia alami utama yakni; thymoquinone (TQ), thymohydroquinone (THQ), dan thymol, yang mampu berperan sebagai antijamur, antiinflamasi, antikanker, dan antioksidan. Selain bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, habbatussauda bahkan dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Berikut ini beberapa manfaat habbatussauda untuk kesuburan yang perlu Anda tahu. 



1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Berdasarkan sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan pada tahun 2015 di Journal of Herbal Medicine, melihat efektivitas habbatussauda pada infertilitas pria, para peneliti menyimpulkan bahwa habbatussauda dapat secara positif meningkatkan jumlah sperma, memengaruhi sel Leydig, organ reproduksi dan hormon seksual, serta membantu sperma berenang lebih cepat. Selain itu, sifat antioksidan dalam habbatussauda juga dapat membantu melindungi sperma dari kerusakan.

2. Meningkatkan Libido

Penurunan tingkat libido dapat menyebabkan berkurangnya hasrat seksual, sehingga menurunkan tingkat keberhasilan program kehamilan. Penurunan ini dapat disebabkan oleh faktor hormon dan kelelahan. Habbatussauda diperkaya dengan zat besi yang mampu meningkatkan produksi hemoglobin yang dapat membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan bergairah.

3. Membantu Melancarkan Menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak lancar tentu dapat menurunkan peluang keberhasilan program kehamilan. Keadaan tersebut umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, berat badan, pola makan yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu, maupun adanya kondisi medis pada alat reproduksi wanita. Mengonsumsi habbatussauda secara rutin telah lama dipercaya mampu membantu melancarkan menstruasi. Namun, masih diperlukan riset dan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

4. Menjaga Kualitas Sel Telur

Kondisi kualitas sel telur yang tidak baik tentu membuatnya menjadi sulit untuk dibuahi oleh sel sperma. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam habbatussauda dapat mencegah kerusakan sel dan membuat sel telur yang telah rusak agar keluar bersama dengan darah menstruasi. Dengan begitu, habbatussauda dapat membantu menjaga agar kualitas sel telur tetap baik.

5. Mencegah Ejakulasi Dini

Salah satu yang menghambat keberhasilan program kehamilan adalah ketika pria mengalami ejakulasi dini. Hal ini dapat terjadi karena otot dan sistem pembuluh darah pada penis dan testis dalam keadaan kurang sehat, sehingga membuat sel sperma tidak keluar secara maksimal serta penis tidak bisa melakukan ereksi secara optimal. Kabar baiknya, kandungan kalium di dalam habbatussauda dapat membantu mencegah ejakulasi dini pada pria dengan menguatkan otot sistem reproduksi.



6. Menjaga Sistem Hormon

Guna meningkatkan peluang keberhasilan program kehamilan, penting untuk menjaga keseimbangan hormon agar tetap seimbang. Hal ini bisa dilakukan berkat kandungan magnesium di dalam habbatussauda yang akan mendukung stamina pria, sehingga memiliki kadar hormon reproduksi yang baik.

Berdasarkan sebuah studi, habbatussauda tak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem hormon pada pria, tetapi juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon estrogen pada wanita. Hormon estrogen berperan untuk menebalkan lapisan rahim dan mematangkan sel telur sehingga siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

7. Mengatasi Masalah Keputihan

Apakah keputihan itu berbahaya? Umumnya, keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita. Keputihan bisa menjadi tanda bahwa sistem reproduksi bekerja secara normal, sehingga dapat terjadi proses pembuahan untuk keberhasilan program kehamilan.

Namun, jika keputihan terjadi secara berlebihan, maka itu bisa menjadi berbahaya dan bisa menjadi indikasi adanya infeksi pada sistem reproduksi. Kabar baiknya, habbatussauda memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Nah, itulah 7 manfaat habbatussauda untuk kesuburan pria dan wanita. Semoga bermanfaat! (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: habbatussauda,   kesuburan